by

Kios Di Sriwedari Akan Dilakukan Perombakan

Kios Di Sriwedari Akan Dilakukan Perombakan

Bulatin.com – 97 Kios buku legendaris yang ada pada belakang Taman Sriwedari juga akan dirombak total. Semua kios deret di sisi selatan tamam kebun raja pada masa lalu itu akan dirobohkan. Pengaturan itu jadi usaha Pemerintah Kota (Pemkot) Solo membenahi lokasi Sriwedari.
” Ini salah satu langkah yang kita lakukan supaya lokasi itu bersih dan rapi, ” tutur Wali Kota FX Hadi Rudyatmo, Jumat (26/1).
Jadi gantinya, lanjut Rudyatmo, Pemkot Solo akan membuat kios baru dengan desain bangunan berlainan. Desain baru itu tidak mesti memanjang seperti sekarang ini tetapi bisa saja seperti pasar dua atau tiga lantai.
” Bila saat ini kan keadaannya semrawut, tidak tertata baik. Pedagang sehari-hari njereng (memajang) buku hingga keluar kios, ” tuturnya.
Manfaat menindaklanjuti gagasan itu, ia sudah memohon Dinas Pekerjaan Umum serta Penataan Ruangan (DPU PR) untuk menyusun detail engineering design (DED) pembangunan kios buku Sriwedari. Selain kios buku Sriwedari, Pemkot akan membenahi kios pigura di bagian timur dengan argumen sama.
Akan tetapi, Rudy mengemukakan, pembangunan kios buku itu belum juga juga akan dilakukan pada tahun biaya ini. Pihaknya sekarang ini masih konsentrasi dalam gagasan pembangunan Masjid Taman Sriwedari yang akan ditangani pada tahun ini.
” Mungkin saja tahun depan, tahun ini kita konsentrasi membangun masjid raya dahulu. Peletakan batu pertama akan dilakukan Pemkot pada 5 Februari yang akan datang, ” terangnya.
Kios buku deret Sriwedari telah ada puluhan tahun kemarin. Kios yang populer jual buku sisa itu jadi rujukan kelompok kurang dapat untuk mendapatkan buku pelajaran ataupun buku pengetahuan lainnya. Tetapi belakangan kalangan menengah ke atas juga menyambangi kios itu.