by

KKN Di Lombok 60 Mahasiswa UNS Pulang Dengan Selamat

KKN Di Lombok 60 Mahasiswa UNS Pulang Dengan Selamat

Bulatin.com – Sekitar 60 mahasiswa Kampus Sebelas Maret (UNS) yang terjerat gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat di pastikan selamat. Sejumlah besar mahasiswa yang sedan g ikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) sudah dievakuasi menggunakan pesawat Hercules punya TNI AU.

Sekretaris Rektor UNS Solo, Tunjung W Sutirto mengatakan , sekitar 41 mahasiswa dipulangkan melalu i Malang, pada Senin (6/8) malam. Sedan gkan sisanya akan diterbangkan pada Selasa (7/8) pagi ini .

” Alhamdulillah semua selamat dan kita pulangkan dengan pertolongan Hercules TNI AU. 41 Mahasiswa tadi malam dapat diterbangkan ke Solo melalu i Malang, bekasnya pagi ini , ” tutur Tunjung pada wartawan.

Sesaat itu , untuk ganti kan mahasiswa KKN, UNS mengirim tim tanggap bencana ke tempat gempa. Rombongan tersebut terbagi dalam tim Medis, Team SAR dan Team Pendukung.

Koordinator Team Prof Hartono yang juga Dekan Fakultas Kedokteran UNS mengatakan , tim medis yang diantar terbagi dalam belasan dokter beberapa spesialisasi yang diperlukan. Diantaranya anestesi, kesehatan anak, kardiovaskuler, bedah, penyakit dalam, psikiatri serta 9 dokter bedah tulang.

” Mereka ini kombinasi dokter dari RSUD dr Moewardi, RSOP (Rumah Sakit Ortopedi) dan Fakultas Kedokteran UNS, ” tuturnya.

Team tersebut menurut Hartono akan pergi terpisah. Team SAR dan Mapala Vagus pergi Senin (6/8), sedan gkan tim medis akan pergi Selasa (7/8) sore.

Rektor UNS Prof Ravik Karsidi menyatakan , semua civitas akademika UNS ikut berduka mendalam atas musibah gempa bumi di Lombok. Pihaknya mengharap pertolongan beberapa pihak bisa menolong evakuasi, percepat perlakuan korban di tempat bencana serta pemulihan saat bencana.

” Saat ini jalinan UNS dengan masyarakat dan pemerintah di tempat cukup sudah erat, dengan adanya banyak alumni UNS dari sana. Saat beberapa tahun paling akhir lokasi Lombok jadi tempat KKN mahasiswa UNS, ” pungkas Ravik.