by

Kota Jakarta Indonesia Masuk Peringkat 10 Kota Termacet di Dunia

Jakarta – Perusahaan spesialis teknologi lokasi, TomTom, kembali merilis hasil Indeks Lalu Lintas TomTom (TomTom Traffic Index). Dalam indeks tersebut, TomTom merilis daftar kota-kota termacet di dunia selama tahun 2019.

TomTom Traffic Index meliputi 416 kota dari 57 negara di dunia. Dari 10 besar kota termacet di dunia 2019 berdasarkan indeks yang dirilis TomTom, Jakarta masih masuk 10 besar. Jakarta menduduki posisi ke-10 kota termacet di dunia.

Dalam index kota termacet di dunia tersebut, posisi Jakarta memang turun. Tahun 2018, Jakarta mengisi posisi ketujuh kota termacet di dunia.

Meski posisinya turun dari urutan 7 menjadi 10, TomTom menilai tidak ada perubahan pada tingkat kemacetan Jakarta. Sama seperti tahun 2018, tingkat kemacetan Jakarta menurut TomTom sebesar 53%. Tingkat kemacetan atau congestion level di sini maksudnya adalah perjalanan di Jakarta membutuhkan waktu 53% lebih lama dibanding kondisi tanpa kemacetan.

Dalam siaran persnya, TomTom menyebut, Bengaluru menjadi kota termacet di dunia pada 2019 lalu. Di sana, pengemudi menghabiskan rata-rata 71% waktu perjalanan lebih lama karena terjebak macet.

“Kami menghitung patokan dasar setiap kota dengan menganalisis waktu tempuh saat lalu lintas lancar di seluruh jaringan jalan, direkam 24/7 (24 jam sehari, tujuh hari seminggu), 365 hari setahun. Informasi ini memungkinkan kami untuk juga menghitung, misalnya, berapa banyak waktu tambahan yang akan dihabiskan seorang pengemudi dalam lalu lintas selama jam sibuk,” tulis TomTom.

Berikut 10 besar kota termacet di dunia:

1. Bengaluru, India dengan tingkat kemacetan 71%
2. Manila, Filipina dengan tingkat kemacetan 71%
3. Bogota, Kolombia dengan tingkat kemacetan 68%
4. Mumbai, India dengan tingkat kemacetan 65%
5. Pune, India dengan tingkat kemacetan 59%

6. Moscow, Rusia dengan tingkat kemacetan 59%
7. Lima, Peru dengan tingkat kemacetan 57%
8. New Delhi, India dengan tingkat kemacetan 56%
9. Istanbul, Turki dengan tingkat kemacetan 55%
10. Jakarta, Indonesia dengan tingkat kemacetan 53%.