by

KPK Dukung KPU Rilis Nama Caleg Eks Napi Korupsi

KPK Dukung KPU Rilis Nama Caleg Eks Napi Korupsi

Bulatin.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberi dukungan Komisi Penentuan Umum untuk menginformasikan calon anggota legislatif eks terpidana korupsi. Langkah ini diinginkan, supaya publik tahu siapa calon wakil rakyat mereka yang sudah sempat ikut serta rasuah.

“Bagus jika KPU pada akhirnya wujudkan kemauan tersebut karena awal mulanya kan itu sempat dikatakan ke KPK dan kami katakan jika selama sama dengan ketentuan laku, KPK begitu memberi dukungan,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Senin (28/1).

Menurut KPK, anggota legislatif korup jadi perihal laten. KPK telah mengatasi beberapa ratus anggota DPR RI, lalu anggota DPRD dan pun kepala daerah atau beberapa ratus pelaku masalah korupsi di bidang politik.
“Jadi jangan pernah di tahun 2019 ini dipilih kembali beberapa orang yang pernah kerjakan korupsi awal mulanya,” jelas Febri.

Menyambut tahun politik, KPK menggerakkan publik selalu aktif memberikan info pada pihak berkaitan jika masih ditemukannya nama calon legislatif mantan narapidana korupsi.

Didapati, KPU akan menginformasikan rincian nama calon anggota legislatif mantan narapidana masalah korupsi. Dengan jelas, langkah tersebut dikerjakan melalui lewat situs resmi KPU RI.

“Sangat tidak di web KPU ditayangkan selalu dan nanti dapat diambil oleh siapa saja karena jadi pengumuman KPU Di situsnya KPU. Sebab kan situs resmi KPU,” tutur Komisioner KPU Hasyim Asyari pada November 2018.