by

KPU Solo Mulai Distribusikan Surat Suara

KPU Solo Mulai Distribusikan Surat Suara

Bulatin.com –¬†Pilkada serentak tinggal dua hari lagi. Hari Rabu (27/6) nanti masyarakat Jawa Tengah akan mengadakan pesta demokrasi, memilih pemimpin daerah yang baru. Semua persiapan sudah dikerjakan, baik pengamanan ataupun logistik.

Polresta Surakarta akan menerjunkan 900 personel yang akan disebar di 1. 016 tempat pemungutan suara (TPS). Sementara Komisi Penentuan Umum (KPU) Kota Solo, hari ini juga mulai mendistribusikan logistik ke 51 kelurahan yang ada di lima kecamatan.

Komisioner Logistik dan Keuangan KPU Solo Suryo Baruno menyampaikan, sebanyak 1. 016 kotak suara dan 2. 032 bilik suara didistribusikan mulai hari itu. Selain itu, pihaknya juga mendistribusikan 51 kotak suara kosong ke 51 kelurahan yang ada.

” Distribusi logistik dimulai hari ini dan akan kita kerjakan dalam sehari. Sehingga pada H-1, bilik TPS telah mulai dibangun dan logistik dapat didistribusikan, ” tuturnya.

Ia memberikan, semua logistik akan dikirim ke kantor kelurahan terlebih dahulu. Keesokan harinya baru di kirim ke TPS. Suryo mengakui jika pengiriman logistik tidak mengalami kendala. Termasuk jumlah surat suara yang rusak juga telah diganti oleh KPU Provinsi.

” Termasuk juga kertas surat suara cadangan sebanyak 2, 5 % juga sudah terpenuhi. Sehingga jumlah keseluruhan surat suara yang didistribusikan sebanyak 411. 606, atau sesuai dengan jumlah DPT sebanyak 401. 090 ditambah 2, 5 % sebagai cadangan, ” tuturnya.

” Kotak kosong juga sudah kita kirum ke setiap kelurahan. Kotak kosong ini untuk pencoblosan warga yang tengah sakit. Beberapa rumah sakit yang akan melakukan pencoblosan Pilgub seperti di RSUD dr Moewardi, RS Kustati, Brayat Minulya, Kasih Ibu, DKT, Panti Waluyo, ” tuturnya lagi.
Suryo mengakui, sengaja lakukan jemput bola untuk lakukan pencoblosan dirumah sakit atau warga yang tidak bisa datang ke TPS sekitar rumah mereka. Sementara untuk pencoblosan sendiri, akan dikerjakan mulai pukul 07. 00 WIB hingga dengan pukul 13. 00 WIB.