by

Lalu Lintas Sekitar GBK Bakal Ditutup Saat Pembukaan Asian Games

Lalu Lintas Sekitar GBK Bakal Ditutup Saat Pembukaan Asian Games

Bulatin.com – Beberapa ruas jalan di seputar Gelanggang olahraga Bung Karno akan dikerjakan penutupan karena ada acara pembukaan Asian Games 2018 yang akan di hadiri Presiden Joko Widodo, Sabtu malam hari ini, 18 Agustus 2018. Penutupan itu diresmikan dari jam 10.00 WIB sampai 23.00 WIB.

Titik ruas yang akan ditutup dibagian selatan di Jalan Hang Lekir, dibagian utara Pos Pol Palmerah. Lalu, perempatan Patal Senayan, serta sisi barat terdapat di Sudirman atau Pintu I Senayan.

Menurut Kepala Korps Lantas Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa, di tiap-tiap titik penutupan mempunyai sekat cadangan. Sekat cadangan itu terdapat di persimpangan awal mulanya supaya tidak berlangsung penimbunan kepadatan kendaraan.

“Ada titik lain yang disaring. Kami alihkan dahulu di penyaringan itu, menjadi bekasnya tidaklah terlalu banyak waktu sampai di sekatan utama,” Royke di Jakarta, Sabtu 18 Agustus 2018.

Menurut Royke, untuk beberapa undangan serta pemirsa sudah disediakan titik kantong parkir di seputar GBK. Dari kantong parkir itu disiapkan shuttle bus yang akan mengantar sampai pintu masuk GBK.

“Kantong parkir kami siapkan di Senayan City, lantas dekat lapangan golf. Untuk di daerah Sudirman kami anjurkan parkir di SCBD, hingga langsung bisa menyeberang di JPO depan gerbang Panahan Senayan,” tuturnya.

Jalan Alternatif

Direktorat Lantas Lintas Polda Metro Jaya mengimbau kembali supaya pengendara dapat memakai jalan pilihan waktu pelaksanaan pembukaan Asian Games di GBK. Jalan Gerbang Pemuda serta Asia Afrika akan ditutup sementara waktu opening ceremony Asian Games, malam hari ini.

Eksperimen serta pengalihan arus jalan raya telah disediakan pada lain kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke Slipi. Begitu juga kendaraan dari Slipi diarahkan lurus ke Semanggi, hingga tidak ada yang menuju mengarah Jalan Gerbang Pemuda.

Selain itu, dari arah Bundaran Senayan diarahkan lurus mengarah Semanggi. Hal seperti ini karena ada penutupan pintu masuk FX Sudirman atau Jalan Pintu I Senayan.

Setelah itu, kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diluruskan ke traffic light Palmerah menuju mengarah Jalan Tentara Pelajar-Permata Hijau.