by

Lensa Kontak Berwarna Dapat Sebabkan Mata Kekeringan

Lensa Kontak Berwarna Dapat Sebabkan Mata Kekeringan

Bulatin.com – Lensa kontak saat ini lebih banyak dipakai untuk mempercantik penampilan. Apalagi, tak sedikit yang memilih lensa kontak berwarna agar tampilan mata semakin menarik.

Sangat disayangkan jika pemakaian lensa kontak bukan untuk mengoreksi mata. Sebab, pemakaian yang tidak tepat dapat memicu mata menjadi kering.

“Lensa kontak itu komponennya melekat ke permukaan kornea sehingga menghambat lapisan untuk menjaga kelembapan. Ini membuat kornea menjadi kurang sensitif, lama berkedip, dan bisa membuat infeksi,” ujar Dokter Spesialis Mata RS Mata JEC, dr. Nina Asrini Noor SpM.

Padahal, berkedip menjadi salah satu cara untuk menjaga agar produksi air mata bisa tetap melembapkan mata. Bahayanya lagi, jika menggunakan lensa kontak yang cenderung berwarna-warni yang banyak dijual di pasaran.

“Apalagi, lensa kontak berwarna memiliki tekstur yang lebih tebal, sehingga menghantarkan oksigen lebih sedikit. Dibanding yang tidak berwarna-warni, lapisan lensa kontaknya tidak terlalu tebal dan jauh lebih tipis komponennya,” kata Nina

Tentu, ketebalan lensa kontak memberi pengaruh besar kepada kornea dalam menghasilkan air mata. Maka dari itu, jika hanya untuk kosmetik semata, Nina tidak menyarankan pemakaian lensa kontak pada mata normal.

“Membeli lensa kontak yang kalau tidak untuk mengoreksi mata, itu tidak diperbolehkan atau disarankan. Apalagi hanya untuk kosmetik dan memakai yang berwarna-warni,” paparnya.