by

Lihat Billy Gilmour, Eks Bos Birmingham City Ini Teringat Legenda Timnas Prancis

Eks manajer Birmingham City Alex McLeish mengaku penampilan Billy Gilmour mengingatkannya pada legenda lini tengah Timnas Prancis Alain Giresse.

Gilmour dipromosikan ke tim senior Chelsea pada musim ini oleh Frank Lampard. Ia pun dipercaya untuk bermain di sejumlah pertandingan.

Akan tetapi ada satu laga yang membuat namanya langsung dikenal oleh publik sepak bola Inggris dan dunia. Laga itu adalah laga Chelsea vs Liverpool di babak kelima FA Cup.

Gilmour tampil impresif di laga tersebut dari awal sampai akhir. Ia pun membantu Chelsea menang 2-0 atas Liverpool.

Penampilan Billy Gilmour membuat banyak orang terpikat. Salah satunya adalah eks gelandang Timnas Skotlandia, Alex McLeish.

Ia mengaku penampilan pemain berusia 18 tahun itu mengingatkannya pada legenda Timnas Prancis di tahun 80an yakni Alain Giresse.

McLeish pernah berduel dengan Giresse saat Skotlandia beruji coba lawan Prancis sebelum melakoni Euro 1984. Sebelum laga ia sempat diminta untuk bermain keras terhadap Giresse oleh Jock Stein.

“Prancis secara efektif berbaris dengan lini tengah berisi lima pemain. Giresse ada di sana – ini adalah tim Prancis yang hebat yang berisi orang-orang seperti Jean Tigana dan seorang pria bernama Michel Platini. Kami bermain dengan empat bek di belakang dan jadi kami tidak memiliki siapa pun untuk dikawal – yang merupakan hal yang tidak biasa bagi kami – dan kami benar-benar babak belur di babak pertama. Kami tertinggal dua gol saat jeda istirahat dan saya masih ingat Gordon Strachan berbalik kepada saya dan bertanya berapa rekor kekalahan tim Skotlandia melawan Prancis. Kami diberi jalan buntu,” ungkapnya seperti dilansir Goal International.

“Dan di jantung permainannya adalah Giresse ini. Tidak masalah seberapa agresif saya bermain untuk terlibat dengannya, pada saat saya tiba di sana bola telah diumpankan. Ia punya jawaban untuk semuanya. Saat-saat ketika saya benar-benar mendekatinya, itu tidak berpengaruh. Giresse mungkin hanya bertubuh kecil tapi ia solid,” pujinya.

“Dan satu hal yang saya perhatikan, setelah menyaksikan Billy bermain untuk Chelsea dan melihat kembali ke masa bermain untuk Skotlandia U-21, adalah fakta bahwa mereka telah mengasah kekuatan intinya,” seru McLeish.

Selain Alain Giresse, Alex McLeish juga melihat Billy Gilmour mirip seseorang yang lain. Pemain tersebut adalah Barry Ferguson.

“Pemain lain yang membuat saya teringat – sehubungan dengan kesediaannya untuk mengambil bola di bawah tekanan dalam situasi apa pun – adalah Barry Ferguson.”

“Salah satu dari banyak kualitas hebat Barry adalah ia akan menerima operan, terlepas dari stadion di mana ia bermain, lawannya atau situasi pertandingan. Ia akan mengambil bola dan melakukan sesuatu yang positif dengannya. Ia akan mengulanginya. Ambil kembali, gerakkan ke depan, ke samping – apa pun situasinya, ia membuat keputusan yang tepat.”

“Sekarang, tidak adil untuk menumpuk perbandingan seperti itu di atas bahu Billy dulu, tetapi saya melihat ketenangan yang sama dalam menguasai bola, sepertinya ia selangkah lebih maju. Ini adalah kualitas yang langka di dalam pertandingan. Dan jika ia mempertahankan sikapnya, ia benar-benar bisa menjadi pemain yang hebat,” cetusnya.