by

Lion Parcel Menggandeng Kereta Logistik untuk Menyiasati Kenaikan Tarif Kargo

Lion Parcel Menggandeng Kereta Logistik untuk Menyiasati Kenaikan Tarif Kargo

Bulatin.com – PT Lion Express (Lion Parcel) lakukan penandatanganan nota kesepakatan dengan PT Kereta Api Logistik (KALOG) untuk menjajaki kerja sama pengiriman barang atau logistik antardaerah, terutamanya untuk beberapa daerah di Jawa, baik Jawa Barat, Jawa Tengah, sampai Jawa Timur.

Penandatanganan nota kesepakatan atau memorandum of understanding (MOU) itu dikerjakan oleh Chief Executive Officer (CEO) Lion Parcel, Farian Kirana dengan pelaksana pekerjaan Direktur Penting KALOG, Junaidi Nasution, di kantor Lion Parcel, Jakarta, Jumat 8 Maret 2019.

Farian mengungkapkan, kerja sama itu tidak lepas dari naiknya tarif surat muatan hawa (SMU) di maskapai-maskapai penerbangan semenjak pertengahan tahun lalu. Kenaikannya juga disebutkan ada yang sampai 300 %.

“Di usaha masa pengiriman ini begitu dinamis, jadi penting buat kita untuk penyesuaian dengan perubahan. Kita lihat naiknya surat muatan hawa dari Lion Grup, jadi kita mesti pikirkan beberapa pilihan, diantaranya dengan jalan darat,” katanya dalam sambutannya.

Selain diperuntukkan menjadi pilihan dari naiknya SMU, Farian menjelaskan jika kerja sama ini pula diperuntukkan untuk percepat waktu pengiriman barang. Karena diungkapkannya, banyak arah di daerah pengiriman barang yang tidak tercakup jika di kirim melalui hawa.

“Dengan KALOG dapat lebih ekonomis, lebih dapat dijangkau, serta bertambah cepat dari pesawat. Jika dahulu Lion Parcel ingin ke Purwokerto kita mesti ke Jogja dahulu baru kesana. Jika saat ini langsung bisa. Jika dahulu cut off-nya mesti 5 jam awal mulanya dengan hawa, jika dengan KALOG dapat bertambah cepat lagi,” tuturnya.

Selain itu, Junaidi memberikan, kerja sama pengiriman barang itu nanti bukan sekedar meliputi lokasi Jawa. Karena, KALOG pun mendapatkan keuntungan dari kerja sama itu untuk mengirim barang melalui maskapai Lion Air ke lokasi lain.

“Kami miliki 75 titik outlet di stasiun-stasiun berada di Purwokerto, Kroya yang bapak tidak dapat datang disana kami dapat. Kami miliki di Cirebon, Malang, Banyuwangi. Serta kami gagasannya akan membuka pun di luar Pulau Jawa,” tuturnya.

“Berada di Sumatera Utara, Kalimantan, Sulawesi serta Denpasar. Apakah yang kami miliki kelak di kirim ke luar tentu kami gunakan Lion Parcel atau Express, kami janji itu pak. Apakah yang bapak beri ke kami akan kami beri pun,” tuturnya pada Farian.