by

Luapan Sungai Citarum Menggenangi Ribuan Rumah di Kabupaten Bandung

Luapan Sungai Citarum Menggenangi Ribuan Rumah di Kabupaten Bandung

Bulatin.com – Kabupaten Bandung selalu jadi tujuan luapan Sungai Citarum. Kesempatan ini, beberapa ribu rumah di lima kecamatan terdampak karena luapan salah satunya Beleendah, Dayeuh Kolot, Bojongsoang, Majalaya serta Banjaran.

Penduduk Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Bandung mencatat, beberapa permukiman di Kecamatan Banjaran terdampak. Ini karena ketinggian anak sungai Citarum Cisangkuy meluap dengan genangan yang sampai 370 centimeter.

Beberapa permukiman masyarakat Majalaya pula terdampak sebab sungai Citarum di lokasi itu meluap. Sesaat, sungai Citarum yang melintas Dayeuh Kolot, Baleendah serta Bojongsoang bahkan juga sudah sempat meluapkembali pada Senin pagi seputar jam 05.00 WIB.

“Banjir di Kabupaten Bandung hampir satu minggu lebih belum juga surut. Ada lima Kecamatan yang sekarang ini terdampak banjir yakni Banjaran, Majalaya, Bojongsoang, Dayeuh Kolot serta Baleendah,” tutur Ketua team SAR MRI Kabupaten Bandung, Atep Salman Al Farisi, Senin 8 April 2019.

Bukan sekedar itu, akses lalu lintas ke arah Kota Bandung terputus. Dari pantauan pihaknya, genangan banjir di Dayeuh Kolot makin luas dibanding beberapa waktu awal mulanya. Selain jalan penting, jalan pilihan juga dipadati kendaraan khususnya oleh roda dua.

“Banjir ini menyebabkan jalan ke arah Kota Bandung ataupun sebaliknya lumpuh. Perekonomian penduduk yang terserang banjir juga terhalang,” tuturnya.