by

Manajer Persib Mendukung Pemakaian Teknologi VAR di Liga 1

Manajer Persib Mendukung Pemakaian Teknologi VAR di Liga 1

Bulatin.com – Persatuan Sepakbola Semua Indonesia mereferensikan pemakaian teknologi Video Assistant Referee atau VAR, untuk pertandingan musim depan. Cara barusan dikerjakan, supaya kualitas sepakbola Indonesia semakin maju.

Wawasan PSSI memakai VAR, mendapatkan dukungan penuh dari pelatih Persib Bandung, Miljan Radovic. Menurut dia, VAR begitu pas diaplikasikan di sepakbola Indonesia, sebab dapat menolong kapasitas wasit.

Pelatih berasal dari Montenegro ini memandang, VAR dapat menolong wasit dalam memutuskan di lapangan. Lebih, wasit selalu jadi sorotan dalam tiap-tiap laga.

“Jika lihat tempo hari, kalian tonton (Piala Presiden) berapakah laga selalu offside, atau goal line, atau terkadang pemain dipukul. Tapi, VAR 100 % berlainan, di Piala Dunia berlainan,” jelas Radovic di Lapangan Sagara ITB , Bandung, Jumat 22 Maret 2019.

“Sangat banyak saya tonton di sini banyak offside, tapi tidak offside. Atau penalti tempo hari, kita main lawan Tira-Persikabo, harusnya mendapatkan 3-4 penalti, jika ada VAR kita dapat 3-0,” sambungnya.

Dengan jauh, Radovic lihat, dengan kedatangan VAR kualitas sepakbola Indonesia akan semakin bagus. Akan tetapi, ia tidak menolak VAR memang masih tetap jadi kontroversi di lingkungan sepakbola.

“Saya dahulu sudah sempat berfikir VAR bagus serta tidak bagus ya, karenanya sepakbola. Tapi, dengan perubahannya jaman, jika untuk sepakbola dapat bagus, jadi kualitas Indonesia akan bagus,” jelasnya.

“Wasit kasih offside, tapi tidak offside serta wasit dapat semakin bagus. VAR membantu wasit, membantu pemain, membantu coach, membantu supporter sebab bersih. VAR mengambil ketetapan offside, itu 100 % benar,” kata pelatih berumur 43 tahun ini.