by

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Diketahui

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Diketahui

Bulatin.com – ” Dunia tidak selebar daun kelor “, perumpaan popular ini terkait dengan ukuran daun kelor yang mungil. Walau sebenarnya, pohon kelor memiliki ukuran besar.

Ada juga asumsi, bila daun kelor ampuh untuk usir roh halus. Menilik sejarahnya, daun kelor telah dipakai oleh orang-orang di India serta Afrika sepanjang beberapa ratus th. untuk penyembuhan.

Ke-2 negara itu memanglah lekat dengan mistis, jadi mungkin saja asumsi daun kelor dapat usir roh halus terkait dengan itu.

Dalam program Mari Hidup Sehat yang tampil dengan live di tvOne, Jumat 26 Januari 2018, dengan dr Verawati Sudarma Mgizi, SpGK mengupas info menarik sekitar daun kelor.

Banyak penyakit dapat diobati dengan daun kelor, tidak tanggung-tanggung jumlahnya menjangkau 300 jenis penyakit.

Verawati mengungkap, ” Daun kelor telah dapat dibuktikan dengan ilmiah ampuh untuk beragam penyakit. Daun kelor dapat bantu turunkan kandungan gula dalam darah yang baik untuk pasien diabetes serta kanker. Tidak hanya itu, karna kandungan vitamin A yang tinggi, mengkonsumsi daun kelor dapat bantu hindari penyakit mata karena umur tua, seperti katarak serta glaukoma. Rasa sakit karena rematik dapat juga terobati dengan daun kelor yang mempunyai kandungan zat anti inflamasi. ”

Daun kelor yang tinggi kandungan zinc berguna juga untuk jagalah kebal badan. Mengkonsumsi 100 gr bubuk daun kelor telah bisa penuhi keperluan harian zinc, jadi ketahanan badan lebih terbangun.

Untuk wanita, daun kelor miliki banyak faedah.

Ibu hamil mesti melindungi konsumsi gizi, jadi sebaiknya mengkonsumsi daun kelor yang tinggi protein, vitamin C serta zinc. Begitu halnya ibu menyusui, kandungan flavonoid juga akan jadikan produksi ASI lebih lancar serta melimpah.

Daun kelor dapat juga buat wanita tampak lebih cantik. Mengkonsumsi bubuk daun kelor yang tinggi anti oksidan jadikan kulit sehat serta glowing. Aktris Sophia Latjuba telah membuktikannya. Di umur yang tak akan muda, Sophie masih tetap tampak menarik. Satu diantara rahasia cantiknya, rajin minum teh daun kelor.

Terkecuali dikonsumsi, daun kelor dapat juga jadikan masker perawatan kulit, terlebih untuk kulit berjerawat. Kandungan anti bakteri serta anti inflamasi ampuh untuk mengusir si jerawat bandel.

Kandungan nutrisi daun kelor juga mengagumkan, salah satunya :
Potasium 3x semakin besar dari pisang
Vitamin A 4x lebih tinggi dari wortel
Zinc/zat besi 25x semakin besar dari bayam
Vitamin C 7x lipat dari jeruk
Kalsium 4x semakin banyak dari susu

Jadi janganlah sangsi untuk konsumsi daun kelor, ya. Terkecuali dibuat jadi bubuk, daun kelor juga yummy untuk jadikan beragam panganan. Sebut saja sayur bening, sayur santan, smoothies sampai salad. Supaya kandungan vitamin C serta nutrisi beda tidak hilang, didihkan air lantas matikan api, lalu baru masukan daun kelor.

Anda dapat juga buat sendiri bubuk daun kelor. Langkahnya, keringkan dengan hindari cahaya matahari segera lalu tumbuk halus. Mengkonsumsi sejumlah dua sendok teh dalam satu hari.

Walau baik untuk kesehatan, janganlah mengkonsumsi daun kelor terlalu berlebih. Bukannya jadi sehat, Anda jadi memiliki resiko diserang sakit perut, rusaknya liver sampai mati rasa.

Bagaimana juga, suatu hal yang terlalu berlebih itu tidak baik, kan.