by

Mantan Marinir Gagal Kabur Dari Penjara Usai Panjat Tembok

Mantan Marinir Gagal Kabur Dari Penjara Usai Panjat Tembok

Bulatin.com – Seseorang narapidana di Rutan Pakjo Palembang bernama Irwan alias Iwan alias Udin (45), tidak berhasil melarikan diri. Mantan marinir itu merupakan narapidana narkoba dengan vonis 14 tahun penjara.

Pelaku lakukan eksperimen melarikan diri saat duduk di muka sel, Selasa (22/1). Begitu lihat tong sampah di dekat tembok pagar, pelaku langsung punya niat kabur. Ia mengukur ketinggian tembok sekitar sembilan mtr..

Pelaku memanjat atap pojok kamar dan di antara jaring kawat yang nyatanya dapat diangkat. Ia berjalan diatas atap dan melompati beberapa blok tahanan. Begitu datang di blok D rutan, pelaku dipergoki narapidana yang lain. Akhirnya, ia diteriaki dan pada akhirnya berhasil kembali diamankan.

Kepala Kanwil Kemenkum HAM Sumsel Sudirman D Hury mengutarakan, petugas sudah sempat kesusahan saat tangkap narapidana tersebut. Petugas mesti naik tembok menggunakan tangga dan melumpuhkannya dengan tongkat.

“Narapidana itu berupaya kabur dari rutan, Alhamdulillah dipergoki narapidana lainnya dan pada akhirnya diamankan, upayanya tidak berhasil,” papar Sudirman, Selasa (22/1).

Dikatakannya, petugas merasakan sebilah pisau di tangan narapidana itu saat ada diatas pagar. Dari keterangannya, pisau itu dibuatnya sendiri dari sendok makan yang diasah.

“Peristiwa ini jadi pelajaran buat kami untuk mengoptimalkan pengamanan rutan ataupun lapas supaya tidak terulang kembali,” ujarnya. [ded]

Baca Pun: