by

Marc-Andre ter Stegen Disebut Sebagai Kiper Paling Komplet di Dunia, Sepakat?

Penjaga gawang andalan Barcelona, Marc-Andre ter Stegen dianggap sebagai kiper paling komplet di dunia. Klaim tersebut dilontarkan oleh eks kiper Barca, Jordi Masip.

Ter Stegen digaet Barca dari Borussia Monchengladbach pada 2014 silam. Sejak saat itu, kiper internasional Jerman tersebut mematenkan posisinya sebagai kiper utama Blaugrana.

Hingga kini Ter Stegen sudah mempersembahkan 13 trofi bergengsi bagi Barcelona, mulai dari La Liga, Copa del Rey, hingga gelar juara Liga Champions.

Masip sempat merasakan jadi rekan setim Ter Stegen sampai ia ia meninggalkan Barca untuk bergabung dengan Real Valladolid pada 2017 lalu. Masip pun tak ragu dengan kehebatan Ter Stegen.

“Well, jelas saya condong ke Ter Stegen. Bagi saya, dia jelas merupakan kiper terbaik karena dia meliputi semua aspek permainan,” ujar Masip kepada Sport.

“Menurut selera saya, dia yang paling lengkap. Dia merupakan kiper paling komplet dengan kaki dan permainannya di semua area,” tambahnya.

“Performanya tercermin di Barca. Dia masih sangat muda ketika dia tiba dan kemudian berkembang. Bagi saya, dia yang terbaik untuk saat ini,” tukasnya.

Terlepas dari klaimnya terhadap Ter Stegen, Masip juga tak menutup mata dengan kepiawaian sederet kiper top Eropa lainnya, mulai dari Jan Oblak hingga Alisson Becker.

“Oblak juga berada dalam bentuk yang bagus, dia juga kiper yang hebat. Mereka adalah dua kiper yang berada di tim yang seharusnya, mereka sangat cocok dengan tim masing-masing. Mereka sama-sama hebat. Mereka membantu semua kiper lain untuk mencontoh dan meningkatkan kemampuan,” tutur Masip.

“Saya juga menyukai Alisson dan Ederson, kiper Liverpool dan Manchester City. Mereka masih muda, dengan hasrat tinggi, mereka bagus dan performa mereka tercermin dari hasil yang didapat tim mereka,” tandasnya.