by

Mendekati Asian Games Kebakaran Hutan Di Riau Terjadi Lagi

Mendekati Asian Games Kebakaran Hutan Di Riau Terjadi Lagi

Bulatin.com – Mendekati acara Asian Games, kebakaran hutan dan tempat di Riau kembali berlangsung. Dalam beberapa waktu belakan gan, titik api terpantau selalu berlangsung.

Hari ini ada 12 titik api yang muncul karena kebakaran. Untuk itu , BPBD Riau bersama dengan unit pekerjaan kebakaran hutan dan tempat Propinsi Riau mengerahkan empat unit helikopter untuk menangani titik-titik api yang menebar di lokasi pesisir.

Ke empat helikopter diterbangkan untuk menolong proses pemadaman melalu i operasi pengeboman air atau waterbombing tersebut terbagi dalam Bell 214, MI-171 dan dua unit Kamov.

“Empat helikopter diterbangkan ke daerah yang berlangsung kebakaran, yaitu di Rokan Hilir dan Kandis, Kabupaten Siak,” tutur Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, Senin (13/8).

Dikatakan nya, untuk di Rokan Hilir, operasi pemadaman menggunakan helikopter memiliki optimal 5 ton air di Kecamatan Bangko. Sesaat di Kabupaten Siak, helikopter yang menguatkan penanggulangan di Kecamatan Kandis.

Operasi pemadaman melalu i hawa sudah berjalan semenjak akhir minggu tempo hari, saat BMKG mulai menjumpai timbulnya titik-titik panas di pesisir Riau.

“Hari ini tim lakukan pendinginan, karena sebagian besar tempat gambut, butuh kita kerjakan pendinginan dengan optimal,” kata Edwar.

Menurut Edwar, usaha penanggulangan Karhutla di Riau yang dikerjakan Satgas akan berjalan dengan optimal. BMKG Stasiun Pekanbaru meramalkan sejumlah besar daerah Riau saat ini dalam status gampang sampai begitu gampang terbakar menyusul penurunan curah hujan dalam satu pekan paling akhir.

“Prakiraan BMKG kemampuan terjadinya Karhutla gampang, sampai begitu gampang terbakar di sejumlah besar daerah Riau. Ini diprediksi,” kata Analis BMKG Pekanbaru, Bibin.

Menurut Bibin, hari ini terdeteksi sekitar 19 titik panas yang menebar di empat kabupaten di Propinsi Riau. Titik panas paling banyak masih terpantau di Kabupaten Rokan Hilir dengan delapan titik, Bengkalis enam titik, Siak empat titik dan satu titik di Rokan Hulu.

“Dari 19 titik panas tersebut ,12 titik yang lain diyakinkan menjadi titik api atau tanda-tanda kuat adan ya Kahutla. Empat titik api semasing rata di Bengkalis, Rokan Hilir dan Siak,” katanya.