by

Menkominfo Menyebutkan Jangan Menyerah Berantas Hoax

Menkominfo Menyebutkan Jangan Menyerah Berantas Hoax

Bulatin.com – Menteri Komunikasi serta Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengutarakan penyebaran berita bohong atau hoaks (hoax) semakin bertambah tiap-tiap tahun.

Dalam catatannya, pada Januari tahun ini telah ada seputar 70 content atau berita hoax yang tersebar di penduduk. “Menurut pantauan Kominfo dapat disaksikan di stophoaks.id itu bertambah. Tahun kemarin cuma seputar 60an (content hoax). Januari saja telah 70 lebih serta itu penyampaian jika ini hoax,” kata Rudiantara, dalam acara Rakernis Asosiasi Alat Siber Indonesia (AMSI), di Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 1 Maret 2019.

Menurutnya, content hoax mesti selalu dilawan. Karena, bila beberapa content hoax dibasmi maka muncul konten-konten hoax lainnya. Karena itu, dia minta tidak bisa menyerah menantang serta memberantas hoax. “Hoax mesti dilawan selalu. Sebab dapatkan hoax 10 muncul kembali semakin banyak. Jadi tidak bisa nyerah dengan bertebarnya hoax,” katanya.

Berkaitan hoax masalah Pemilu 2019, dia mengakui tidak ingat berapakah banyaknya. Dia juga ajak semua pihak untuk jadikan Pemilu 2019 menjadi pesta demokrasi.

Dia minta penduduk tidak sama-sama hujat serta hina melawan Pemilu 2019. “Jika pesta, siapa sich kita yang ke pesta berantem dalam tempat pesta, bahkan juga sebelum pesta ajak gelut. Tidak ada. Kita jika pesta suka, bahagia membuat keadaan tuan rumah suka, yang hadir suka juga. Saya ajak siapa juga untuk politik ini jadi suatu pesta. Kita senang, bukannya berantem, bukan justru mencela,” kata Rudiantara.