by

Mobil Esemka Siap Bangkit Kembali

Mobil Esemka Siap Bangkit Kembali

Bulatin.com Mobil Esemka yang dahulu dijagokan jadi mobil nasional, tidak lama lagi siap di produksi massal. Kendaraan itu sudah di test oleh Kementerian Perhubungan, serta pembuatnya telah kantongi Sertifikat Uji Type atau SUT.

Seperti yang dikatakan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi serta Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika. Ia menjelaskan, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero serta PT Solo Manufaktur Kereasi telah memperoleh izin produksi.

Berdasar pada data Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas), TPT produksi yang sudah diedarkan Kemenperin untuk Esemka ada enam type, yakni pikap Bima empat variasi dengan mesin 1.000 cc, 1.300 cc, 1.300 cc, 1.800 cc diesel, dan pikap kabin ganda Digdaya 2.000 cc serta Minivan Borneo 2.700 cc diesel.

“TPT Produksi itu diedarkan pada tanggal 28 Juli sampai 9 Agustus 2017,” katanya.

Dari nama itu, nyatanya ada dua mode yang tidak dijelaskan Putu. Sebenarnya, Esemka memiliki delapan type kendaraan, seperti yang dikatakan Kepala BPLJ serta Sertifikasi Kendaraan Bermotor Kementerian Perhubungan, Caroline Noorida Aryani.

“Yang kami uji ada delapan mode, tetapi penerbitan sertifikat di pusat Direktorat Fasilitas Kementerian Perhubungan. Untuk proses testing memang saya, tetapi saya tidak keluarkan sertifikat kelulusan,” katanya.

Ia menjelaskan, delapan mode itu ada type mobil penumpang serta mobil barang. Dari rincian yang ada, nama Garuda serta Niaga tidak tertera di TPT produksi Kemenperin.

Garuda ialah mobil penumpang bukan sedan berpenggerak empat roda dengan mesin 2.000 cc transmisi manual, sedang Niaga mobil penumpang bermesin 1.000 cc transmisi manual penggerak dua roda.Mobil esemka Siap Bangkit Kembali