by

Mobil Tertabrak Kereta Api Pengemudi Wanita Selamat

Mobil Tertabrak Kereta Api Pengemudi Wanita Selamat

Bulatin.com – Mobil KIA Picanto AD 7296 XX di simpang tiga Sriwedari, Jalan Slamet Riyadi, Solo ketabrak kereta api rute Solo-Wonogiri. Mobil berwarna putih yang dikemudikan Intan Ayu Kusuma (27) warga Solo itu juga ringsek.
Mujur tidak ada korban jiwa dalam momen itu, pengemudi mobil hanya alami luka ringan. Sukarnaen (54), warga Purwonegaran, Sriwedari yang lihat peristiwa itu mengira pengemudi mobil mengantuk.
Waktu kejadian, lanjut dia, mobil melaju dari arah timur sedang KA dari arah barat. Tetapi sesampai di simpang tiga berlangsung tabrakan.
” Peristiwanya jam 5. 00 WIB barusan. Sebenarnya kereta telah membunyikan klakson keras, mungkin saja ngantuk sopir mobilnya. Dari timur dia ingin belok kiri ke Jalan Bhayangkara, namun tidak melihat ada kereta api, ” tutur Sukarnaen.
Info yang dihimpun menyebutkan, karena kejadian itu, Ayu sempat terjepit didalam mobil. Proses evakuasi untuk keluarkan Ayu berjalan lebih dari satu jam. Mobil sempat juga terbawa lebih dari 15 meter dari tempat benturan dengan kereta api dengan nomor loko 302 yang dikemudikan masinis Agus Heriawan (30).
Kasatlantas Polresta Surakarta Kompol Imam Safii menyebutkan, sebelum pukul 6. 00 jalan Slamet Riyadi memanglah diberlakukan dua arah. Ia mengira pengemudi mobil kurang memerhatikan arah yang berlawanan. Hingga tabrakan tak terhindarkan..
” Sebelumnya jam 6. 00 WIB untuk Jalan Slamet Riyadi masih tetap diberlakukan contra flow. Jadi dapat dimanfaatkan dua jalur. Mobil Picanto dari arah timur ingin belok ke kiri tidak memerhatikan ada kereta api dari arah barat, hingga terjadi tabrakan, ” terang Kasatlantas waktu didapati di tempat kejadian.
Ia memberikan, perjalanan kereta api waktu itu dalam kecepatan yang rendah. Sesuai sama protab, kereta waktu itu keluar dari Stasiun Purwosari untuk pergi ke Stasiun Wonogiri. Untuk perjalanan Solo-Wonogiri, lanjut dia, bisa sampai 3, 5 jam.
” Korban selamat, terjepit, tak ada luka. Barusan evakuasi dibantu bebrapa rekanan SAR, Depo Loko, Damkar serta sekarang dirawat di RS PKU Muhammadiyah Solo, ” tuturnya.
Jalur Solo-Wonogiri jadi jalur perintis selama ini dilayani KA atau Railbus Bathara Kresna. Tetapi karna perawatan, railbus yang sering dimanfaatkan wisatawan itu sesaat mesti digantikan 4 gerbong serta satu loko KA ekonomi.