by

Pada Grup Chat Aplikasi Whatsapp Beresiko Dapat Dibobol

Pada Grup Chat Aplikasi Whatsapp Beresiko Dapat Dibobol

Bulatin.com – Sekumpulan peneliti keamanan komunikasi Universitas Ruhr Bochum Jerman temukan cacat keamanan dari sistem grup pembicaraan WhatsApp. Dengan hal tersebut, grup WhatsApp dapat disusupi orang asing dengan rahasia.

Ditulis dari situs Sputnik, Jumat 12 Januari 2018, tim peneliti itu temukan cacat pada enkripsi WhatsApp, yang sangat mungkin orang yang lain selain ‘admin’ dapat mensiasati sistem itu. Peneliti menjelaskan, orang yang mengatur server Whatsapp dapat diam-diam memberikan anggota dalam grup WhatsApp.

Dalam grup WhatsApp, cuma admin grup itu yang cuma dapat memberikan anggota baru dalam grup itu. Jadi cuma orang yang ada didalam grup yang dapat kirim pesan serta lihat pesan itu. Tetapi celah keamanan itu sangat mungkin peretas mengintip pembicaraan yang ada pada grup itu.

” Server WhatsApp, dapat dengan diam-diam menyusun ulang serta kirim pesan kedalam grup. Cache dapat kirim pesan ke grup, membaca konten mereka terlebih dulu serta kirim ke anggota grup, ” tutur tim itu dalam temuannya.

Menurut publikasi tim peneliti itu, cacat keamanan itu dapat digunakan untuk pemerintah untuk menghimpit WhatsApp mengakses grup yang yang ditargetkan.

Situs Windows Central menuliskan, jika server WhatsApp sudah memberikan anggota ke grup, jadi setiap anggota grup juga akan memperoleh pemberitahuan.