by

Pemerintah Mengatakan SNI untuk Pelumas Mudah Diperoleh

Pemerintah Mengatakan SNI untuk Pelumas Mudah Diperoleh

Bulatin.com – Pemerintah akan mengaplikasikan SNI untuk seluruh jenis oli kendaraan yang di jual di Indonesia, tahun ini. Nanti, merk oli di luar negeri harus mempunyai logo SNI. Akan tetapi, sampai saat ini regulasi itu masih tetap menjadi perbincangan.

Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil serta Bermacam Kementrian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono menyampaikan, pemerintah mengaplikasikan SNI supaya konsumen mendapatkan produk dengan kualitas terjamin. Karena, pengujian SNI sama juga dengan internasional.

“Yang pasti, kami membuat perlindungan penduduk waktu mendapatkan produk mutunya terjamin, sama dengan standa r. Serta standa r itu (SNI) kami akomodasi dari internasional. Parameter kami dari API (American Petroleum Institute) di Amerika serta Eropa,” katanya di Bekasi, Jawa Barat, Rabu 15 Agustus 2018.

Oleh karenanya, ia mengklaim produsen pelumas kendaraan akan tidak kesusahan memperoleh sertifikat SNI. Sigit memberikan contoh, Shell yang telah mengaplikasikan standa r internasional, cuma perlu waktu beberapa bulan untuk mendapatkan sertifikat SNI.

“Iya (lebih gampang dari internasional menjadi SNI). Menjadi, arah SNI untuk tingkatkan kualitas produk si, industri didalam negeri. Selain itu, mengamankan penduduk mendapatkan produk -produk sesuai dengan mutunya,” katanya.