by

Pemindai Ultrasonik Dapat Membaca Sidik Jari dalam Kondisi Apapun

Pemindai Ultrasonik Dapat Membaca Sidik Jari dalam Kondisi Apapun

Bulatin.com Sekarang ini ada banyak hp yang sudah mengambil sensor sidik jari yang ditanamkan di monitor, seperti Huawei Mate 20 Pro, OnePlus 6T, serta Xiaomi Mi 8 Pro.

Lantas, sebetulnya bagaimanakah cara kerja sistem itu? Kelihatannya, akan kita lihat di hp yang launching beberapa bulan ke depan.

Diambil dari Pocket-lint, Kamis, 6 Desember 2018, selama ini mereka memakai pemindai optik, menerangi jari dengan sinar agar bisa membaca sidik jari.

Camera kecil dibawah monitor akan ambil gambar jari pemakai, lalu dibanding dengan gambar yang telah disimpan awal mulanya.

Pada tahun depan, pemindai sidik jari akan kerja dengan ultrasonik, bukan kembali optik. Skema akan kerja memakai ultrasound untuk bangun citra sidik jari pemakai.

Jadi, jari yang terkontaminasi tetap akan bisa dibaca dengan baik, seperti saat basah atau berminyak. Belakangan ini Qualcomm menginformasikan versi generasi ke-3 dari scanner ultrasonik, sensor Sonic 3D.

Tehnologi ini ialah versi baru dari Snapdragon Sense ID yang launching pada 2015. Pembaca sidik jari ultrasonik ikut dipandang lebih aman serta tepat di banding optik. Ultrasonik dimaksud bisa tembus kaca serta logam.

Akan tetapi, Qualcomm bukan nama hanya satu yang mempunyai teknologi itu. Synaptics ada di belakang sistem Mi 8 Pro serta Vivo Nex S. Perusahaan ini sudah berdiri saat 30 tahun serta sudah meningkatkan touchpad computer pertama.

Kembali pada hp yang sudah mengambil teknologi sensor sidik jari dibawah monitor, Mate 20 diklaim mempunyai sistem yang sangat tanggap serta tepat. Disusul, OnePlus 6T walau mempunyai penyusunan yang susah, akan tetapi piranti itu ikut diklaim lebih mutakhir.