by

Pencuri Kotak Amal Bawa Celurit Terekam CCTV

Pencuri Kotak Amal Bawa Celurit Terekam CCTV

Bulatin.com – Edi Riwanto (50) tidak sadar kalau tindakan tengah malamnya membongkar kotak amal Masjid Sabilul Muttaqin di Malang, terekam CCTV. Pelaku dalam aksinya tampak memakai linggis kecil untuk membongkar kotak amal. Selain juga melengkapi diri dengan celurit dan lampu senter.

Kasubag Humas Polres Malang, AKP Farid Fathoni mengatakan, aksi pelaku terbongkar oleh seorang jemaah yang tengah mengaji di sekitar kotak amal. Saksi melihat kotak amal dalam keadaan rusak dan sesudah diperiksa ternyata isinya raib.

” Saksi bersama Pengurus Takmir kemudian mengecek kamera CCTV yang terpasang di teras masjid. Rekaman tersebut menunjukkan kalau tersangka masuk masjid dan mengambil uang di kotak amal dengan cara mencukit kunci gembok dengan linggis kecil, ” kata Farid Fathoni, Minggu (27/5).

Karena aksinya itu, Minggu (27/5) tersangka diamankan dari tempat tinggalnya. Pelaku tercatat sebagai warga Desa Kasri, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang. Saat ini tersangka menjalani pemeriksaan guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

” Dari rekaman CCTV diketahui, pelaku membawa senjata tajam jenis clurit yang diselipkan di punggungnya, ” tambahnya.

Sesuai rekaman CCTV juga, tindakan Edi Riwanto alias Ridwan sebenarnya dilakukan pada Kamis (24/5) sekitar jam 01. 55. Namun baru diketahui Jumat (25/5) oleh jemaah masjid setempat, dan dilaporkan ke Polsek Bululawang sehari kemudian.

Berdasarkan penjelasan takmir, uang di kotak amal masjidnya memang sering hilang. Hingga masjid berinisiatif untuk memasang CCTV.
Ikut disita menjadi barang bukti sebuah gembok, clurit, linggis kecil, senter, sepeda ontel, topi, jaket dan tas serta uang tunai sebesar Rp 102. 500.