by

Penemu Alat Pacu Maninggal di Usia 94 tahun

Penemu Alat Pacu Maninggal di Usia 94 tahun

Bulatin.com Pencipta alat pacu jantung external pertama, Earl Bakken, wafat di umur 94 tahun pada Minggu, 21 Oktober di tempat tinggalnya yang asri di Hawaii, Amerika Serikat.

Walau demikian, kepergian Bakken tidak dijelaskan apakah sebabnya. Dia adalah tokoh yang membangun perusahaan piranti kesehatan, Medtronic, salah satunya paling besar di dunia.

“Peran Earl yang dibikin untuk tehnologi medis sederhananya tidak dapat dilupakan. Semangatnya akan hidup dengan kami untuk penuhi misi yang ia catat 60 tahun yang lalu untuk kurangi perasaan sakit, memulihkan kesehatan, serta perpanjang umur hidup,” kata CEO Medtronic, Omar Ishrak, dikutip dari Cbsnews, Selasa, 23 Oktober 2018.

Bakken serta saudara iparnya, Palmer Hermundslie, membuat Medtronic pada 1949. Mereka merubah perusahaan yang berusaha dari keluarga Hermundlie di Minneapolis, AS, jadi pusat teknologi medis multinasional.

Pada 1958, pakar bedah jantung di Kampus Minnesota, Walton Lillehei, minta Bakken membuat alat picu jantung bertenaga baterei untuk bayi dengan kelainan detak jantung.

Waktu itu pasien dengan penyakit ini mesti menyambungkan piranti external yang rumit serta batasi gerak mereka. Alat itu ikut membuat rawan waktu terdapatnya pemadaman listrik.

Sesudah diujicoba, jadi Bakken langsung mengimplementasikannya ke badan pasien Lillehei. Akhirnya mengagetkan pada esok harinya. Nyawa pasien terselamatkan.

Medtronic mempunyai 86 ribu pegawai di semua dunia. Kantor pusat awal mulanya ada di Minneapolis serta sekarang tinggal di Dublin, Republik Irlandia, dengan fakta mendapatkan pajak perusahaan yang lebih rendah. Bakken pimpin perusahaan itu saat 40 tahun.