by

Perawatan Payudara yang Sebaiknya Diketahui Para Ibu Hamil

Perawatan Payudara yang Sebaiknya Diketahui Para Ibu Hamil

Bulatin.com – Perawatan tepat pada payudara selama kehamilan berlangsung, dapat membantu seorang ibu mempersiapkan diri untuk menyusui usai persalinan. Sebab, ASI sangat dibutuhkan si kecil dalam membantu tumbuh kembangnya dengan kekayaan akan nutrisinya.

Dilansir dari laman The health site, spesialis ginekologi, dr. Veena Aurangabadwala, mengatakan bahwa para ibu harus mempersiapkan proses menyusui sejak janin masih di kandungan. Penting untuk selalu mengobservasi payudara saat kunjungan antenatal care.

Hal tersebut menjadi langkah untuk mengetahui keadaan payudara seperti puting masuk ke dalam atau datar atau bentuknya normal. Kondisi paling sering yang membuat ibu kesulitan menyusui si kecil seperti puting datar, puting tertarik ke dalam, dan areola yang keras.

Dengan mengidentifikasinya sejak dini, maka para ibu bisa mempersiapkan payudaranya agar siap memberikan ASI. Jika memang kondisi payudara sedikit berbeda, Anda bisa melakukan pijat payudata atau teknik lain dengan rekomendasi dari tenaga profesional.

Adapun hal yang perlu dilaporkan ibu kepada dokter jika mengalami nyeri tak tertahan pada payudara atau payudara terlalu keras. Waspada juga dengan ukuran payudara yang berubah membesar saat hamil, gunakan bra yang nyaman.

Nah, selama kehamilan berlangsung, tidak disarankan memberi stimulasi berlebih pada payudara untuk menghindari persalinan prematur. Hindari juga pemakaian bra yang terlalu ketat agar tidak membuat payudara berubah bentuk.