by

Perry Warjiyo Hari Ini Menjalani Uji Kelayakan

Perry Warjiyo Hari Ini Menjalani Uji Kelayakan

Bulatin.com – Calon satu-satunya gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo juga akan melakukan uji kepatutan serta kelayakan (fit and proper test) hari ini, Rabu 28 Maret 2018 di Komisi XI DPR. Perry juga akan dicecar beragam pertanyaan mengenai kesiapannya memimpin BI dalam lima tahun ke depan.

Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun menerangkan, uji kelayakan baiknya dikerjakan dengan lakukan penggalian yang dalam atas kekuatan Perry. Menurut dia, fit and proper test mesti difokuskan pada pekerjaan serta kewenangan gubernur BI.

“Bagaimana melindungi kestabilan harga dapat dikendalikan dengan baik, hingga inflasi dapat teratasi. Bagaimana kebijakan operasi moneter dapat dikerjakan dengan pas, ” kata Misbakhun, dalam keterangannya, Selasa malam, 27 Maret 2018.

Kata dia, pentingnya kebijakan operasi moneter untuk melindungi volatilitas nilai tukar rupiah supaya dapat dikendalikan. Hal semacam ini apabila dibanding dengan nilai kurs dolar AS serta mata uang asing yang lain didunia.

Misbakhun memberikan, masalah yang tidak kalah penting yaitu melindungi kebijakan moneter BI tetaplah dapat sinkron serta searah dengan rencana fiskal pemerintah.

Dengan hal tersebut, diinginkan kebijakan ke dua bidang itu memberi daya dorong yang maksimal pada perkembangan ekonomi.

“Termasuk yang butuh digali dari Perry Warjiyo yaitu masalah arah pembuatan RUU Redenominasi Rupiah di masa mendatang, ” tutur politikus Golkar itu.

Terlebih dulu, Komisi XI DPR pada Selasa, 27 Maret 2018 lakukan uji kepatutan serta kelayakan pada tiga calon deputi gubernur BI. Ke tiga calon itu yakni Dody Budi Waluyo, Wiwiek Sisto Widayat, serta Doddy Zulverdi.

Ke tiga nama calon deputi gubernur BI ini diserahkan Presiden RI Joko Widodo pada DPR jadi calon pengganti Perry Warjiyo yang jabatannya juga akan selesai pada April 2018.