by

Persaingan Alexander Nubel dan Manuel Neuer Mendapatkan Singgasana Kiper Nomor 1 Bayern Munchen

Musim 2020/21 akan menjadi era yang baru bagi Bayern Munchen, khususnya Manuel Neuer. Untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade terakhir, tempatnya di skuat Die Roten akan mendapatkan gangguan yang serius.

Ya, sejak pindah ke Bayern dari Schalke di tahun 2011 silam, Neuer langsung didaulat menjadi palang pintu Die Roten. Posisinya itu relatif aman dan tidak tergoyahkan hingga hari ini.

Namun tantangan untuk Neuer itu akan hadir musim depan. Pihak FC Hollywood sudah mengonfirmasi bahwa mereka akan mendatangkan kiper muda berbakat dari Schalke, Alexander Nubel musim depan.

Kedatangan Nubel yang disebut-sebut sebagai kiper muda terbaik Jerman saat ini menimbulkan perdebatan di kalangan loyalis DIe Roten. Banyak yang skeptis bahwa Nubel bisa menggeser Neuer dari singgasananya sebagai kiper utama Bayern Munchen.

Kali ini kami ingin mengajak Bolaneters untuk melihat perbandingan antara Nubel dan Neuer dan seberapa besar peluang Nubel menggusur Neuer di bawah ini.

Kesamaan antara kedua pemain sudah cukup jelas. Berawal dari terobosan pada usia muda di FC Schalke 04, baik Neuer dan Nuebel pindah ke Bayern pada usia pertengahan dua puluhan. Selain itu, kedua pemain memiliki tinggi yang kira-kira sama dan memiliki panjang lengan yang lebih dari cukup serta kegesitan kaki untuk membuat mereka tampak seperti gurita raksasa dengan banyak tentakel di garis penyelamatan gawang.

Dalam banyak hal, Nuebel berada di level yang sama dengan pemain nomor satu Bayern saat ini. Seperti Neuer, ia adalah model atletis dengan lompatan yang bahkan lebih kuat daripada calon rekannya di Bayern nanti. Tampaknya ke-atletisan Neuer telah sedikit menurun dalam beberapa tahun belakangan karena rentetan cedera dan tempaan fisik terus-menerus bermain di level tertinggi.

Namun, ia mampu mengimbanginya dengan keterampilan posisi yang luar biasa khususnya di area penalti. Sedangkan Nuebel lebih sering menangkis bola dengan refleks kucingnya dan gayanya yang elegan, di mana Neuer biasanya selalu berada di tempat yang tepat dan di waktu yang akurat sehingga ia hanya perlu mengulurkan tangan atau kakinya untuk menyelamatkan tembakan.

Pada akhirnya, kedua kiper mencapai hasil yang sama meskipun dengan cara yang berbeda. Statistik untuk kedua kiper untuk musim ini menunjukkan kemiripan juga: Neuer hampir tidak membuat kesalahan dalam penentuan posisinya dan secara intuitif tahu di mana ia harus memposisikan diri untuk memaksimalkan peluangnya menghadang tembakan jarak jauh, umpan silang, atau tendangan sudut. Nuebel hampir setara dengannya dalam hal ini.

Menggunakan data penyelamatan di atas rata-rata, kita bisa menilai kedua pemain dalam hal penghentian tembakan. Nuebel adalah salah satu kiper terbaik di liga dalam hal ini pada saat ini, sementara Neuer berada di tengah-tengah populasi.

Berfokus sepenuhnya pada penghentian tembakan, bagaimanapun, akan merugikan sisi permainan Neuer. Kiper gaek kelahiran Gelsenkirchen tersebut adalah pelopor kiper generasi modern yang cepat keluar dari garis gawang dan sangat cekatan bermain dengan bola di kakinya.

Dari berbagai momen dalamĀ  pertandingan, menunjukkan betapa Neuer berpengetahuan luas, bahkan pada usia 34 tahun. Ia masih sangat aktif di luar area penalti sendiri, dan mampu berkontribusi untuk permainan menyerang dengan cara yang tidak bisa dilakukan beberapa penjaga gawang lainnya.

Lain halnya dengan Neuer, Nuebel adalah penjaga yang berbakat juga atlet yang mengesankan, dan memiliki refleks serta naluri penjaga gawang yang luar biasa. Skill hentian tembakannya sangat bagus, dan ia cukup cepat bergerak keluar dari areanya untuk aktif di luar area penalti sendiri.

Jangkauan umpannya memang tidak sebanding dengan Neuer, tetapi ia masih mampu berkontribusi dalam upaya tim membangun permainan. Selanjutnya, dengan transfernya ke Bayern, ia akan memiliki kesempatan untuk belajar dari Neuer – untuk belajar dalam pengambilan keputusan, dan untuk mengembangkan kemampuannya dengan bola di kakinya.

Puncak kehebatan Nuebel sendiri mungkin hanya tinggal menghitung tahun dengan lima jari, sementara Neuer bertempur melawan penuaan yang akhirnya akan kalah seperti manusia pada umumnya. Mungkin tidak lama lagi, sebelum kita menyaksikan pergantian penjaga di mulut kastil Bavaria.