by

Petugas Imigrasi Belawan Amankan 10 Pengungsi Rohingya

Petugas Imigrasi Belawan Amankan 10 Pengungsi Rohingya

Bulatin.com – Petugas Kantor Imigrasi Belawan mengamankan 10 warga negara asing (WNA) di tempat garapan Satria Delapan, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumut. Mereka merupakan pengungsi etnis Rohingya.

Berdasar pada info dikumpulkan, ke-10 WNA itu ditangkap pada Kamis (24/1). “Semua menggenggam kartu UNHCR. Mereka mengakui datang dari Langsa. Kita belumlah dapat yakinkan apa mereka kabur dari Imigrasi atau Dinas Sosial,” kata Muhammad Rio, Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Imigrasi (Wasdakim) Kelas 2 Belawan, Senin (28/1).

Ke-10 WNA itu ditangkap sesudah pihak Imigrasi terima info tentang kehadiran mereka di salah satunya rumah di tempat garapan Satria Delapan. Petugas lalu menyelidik langsung ke tempat.

“Nyatanya benar ada. Tetapi waktu kita kesana, warga yang menyimpan mereka tidak ada dalam tempat,” jelas Rio.

WNA itu mengakui telah berada di sana semenjak 22 Januari 2019. Seseorang menjanjikan akan membawa mereka ke Malaysia, melalui Sumut.
Ke-10 WNA sudah dibawa ke Rumah Detensi Imigrasi Medan di Belawan. Setelah itu, pihak Imigrasi akan bekerjasama dengan UNHCR. “Sebab mereka menggenggam kartu UNHCR, kita bekerjasama dengan mereka (UNHCR),” tutup Rio.