by

PMI Mencatat Tujuh Kecamatan di Palu Belum Mendapatkan Bantuan

PMI Mencatat Tujuh Kecamatan di Palu Belum Mendapatkan Bantuan

Bulatin.com Palang Merah Indonesia mencatat sekurang-kurangnya ada tujuh kecamatan lebih yang belumlah tersentuh perlakuan pertolongan di lokasi Donggala serta Palu, Sulawesi Tengah, sesudah terdampak musibah gempa bumi pada September 2018 kemarin.

Kepala Biro Humas PMI Pusat Aulia Arriani menuturkan, hal tersebut karena disebabkan masalah di bidang transportasi, hingga PMI serta instansi pertolongan lainnya belumlah bisa menyentuh beberapa daerah itu.

Menurut Aulia, transportasi darat jadi susah dicari sebab penduduk sendiri yang ada di lokasi itu begitu memerlukan kendaraan seperti mobil serta motor untuk kepentingan pribadi, hingga susah untuk disewa. Sedang untuk memasok transportasi darat sendiri ke lokasi terdampak masih tetap susah dikerjakan karena masalah akses.

“Ada banyak daerah di Donggala yang masyarakatnya tinggal di pesisir pantai, rumahnya habis. Mereka lari ke beberapa daerah pegunungan. Nah disana belumlah bisa pertolongan kami, belumlah bisa kami tangani,” tuturnya dalam satu diskusi di lokasi Cikini, Jakarta, Sabtu, 6 Oktober 2018.

“Disana banyak bayi serta wanita. Di Palu contohnya ada 7 kecamatan yang saya lupa namanya, tetapi banyak daerah serta banyak yang belumlah tersentuh pertolongan,” katanya.

Walau demikian, dia pastikan, PMI selalu berusaha mencapai wilayah-wilayah itu. Diantaranya yaitu dengan selalu berupaya mengerahkan transportasi lewat hawa.

“Jika tempo hari dua hari kemarin kita dropping roti dengan helikopter dua unit kita terbangkan kita tempat tidak dapat turun menjadi sesaat saja. Tetapi sampai saat heli ingin datang penduduk telah mengumpul disana, Selain itu tempatnya juga susah, banyak lumpur dan lain-lain,” katanya.