by

Polisi Gerebek Rumah Produksi Miras

Polisi Gerebek Rumah Produksi Miras

Bulatin.com – Kepolisian Resor Cirebon, Jawa Barat, menggerebek rumah produksi minuman keras (Miras) oplosan dan mengamankan seribuan liter yang telah dikemas berbentuk botol air mineral dan jeriken.

” Kita memperoleh informasi dari masyarakat kalau di TKP ada penyuplai atau pemasok bahan baku miras oplosan berbentuk ciu, ” kata Kasat Narkoba Polres Cirebon, AKP Jhoni di Cirebon, Kamis (26/4) .

Hasil penggerebekan dari sebuah rumah di Perum Sindanglaut Indah RT/RW 17/05 Desa Cipejeuh Wetan, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Polisi mengambil alih seribuan liter minuman keras jenis ciu yang disangka sebagai bahan baku.

” Bahan baku miras oplosan berbentuk ciu, kita temukan ribuan liter dalam paket keriken dan botolan, ” katanya.

Pelaku yang berinisial RN adalah pemasok dan sekaligus peracik minuman keras oplosan, hasil racikannya kemudian dia edarkan keberbagai warung yang berada di sekitaran Cirebon.

Sementara untuk bahan baku, kata Jhoni, pelaku mendatangkan dari daerah Jawa Tengah. Untuk mendistribusikan hasil racikannya pelaku memakai SMS dan telephon.

” Modusnya yaitu pelaku menyuplai miras ke pengecer dan bahan baku dasar didatangkan dari Jateng, ” katanya.

Jhoni meneruskan pelaku juga adalah pemasok miras oplosan besar, karena dalam sehari dia dapat menghasilkan hingga 1. 500 liter.

Dan hingga saat ini pihaknya akan mendalami masalah tersebut untuk dapat mengungkap siapa saja yang berperan dalam peracikan dan peredaran minuman keras oplosan.

” Akan kita dalami lebih jauh, karena ini juga termasuk produsen sekala besar, sebab per harinya kurang lebih 1. 500 liter dihasilkan dari industri rumahan ini, ” tuturnya.