by

Polri Minta Kedua Kubu Paslon Jaga Ketertiban Debat Pilpres

Polri Minta Kedua Kubu Paslon Jaga Ketertiban Debat Pilpres

Bulatin.com – Polri sudah menyiagakan sekitar dua ribu personil untuk mengamankan debat Pemilihan presiden perdana yang akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, malam ini. Polri minta suport masyarakat supaya ikut mengawasi keamanan dan ketertiban serangkaian Pemilihan presiden 2019 ini.

“2 Ribu personil siap mengamankan dengan beberapa jenis antisipasi kekuatan masalah keamanan yang berlangsung. Polda Metro Jaya telah mempersiapkan langkah lakukan tindakan dan skenario-skenarionya,” tutur Kepala Biro Penerangan Penduduk Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, di Jakarta, Kamis (17/1).

Pada prinsipnya, kata Dedi, Polri dengan pasukannya dari Polda Metro Jaya dibantu aparat TNI dan pengamanan dari KPU siap mengamankan debat perdana nanti malam. Semua kekuatan masalah dan intimidasi sudah diprediksi.

Akan tetapi Polri pun minta prinsip masyarakat, terpenting dari dua tim simpatisan capres-cawapres untuk turut mengawasi keamanan dan ketertiban saat debat berjalan.

“Kondusifitas Jakarta harus juga dijaga bersamanya. Janganlah dikotori dengan ketidaksamaan, tetapi bagaimana mengawasi situasi Jakarta supaya aman,” papar Dedi.

Untuk didapati, debat perdana nanti malam akan berjalan dalam enam fragmen. Fragmen pertama adalah penyampaian visi dan misi calon. Lalu fragmen ke-2 dan ke-3 adalah peluang beberapa calon menjawab pertanyaan dari beberapa ahli.

Fragmen ke empat dan ke lima adalah debat calon dengan pertanyaan yang diserahkan semasing pasangan calon. Serta fragmen ke enam adalah closing pernyataan dari ke-2 pasangan calon.

Mengenai debat perdana ini mengangkat topik hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi, dan terorisme.