by

Presiden Jokowi Hadiri Pesta Kesenian Bali

Presiden Jokowi Hadiri Pesta Kesenian Bali

Bulatin.com –¬†Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, menghadiri Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 di depan Monumen Bajra Sandi Renon, Denpasar, Sabtu (23/6) sore.

Jokowi dengan Iriana dengan kompak menggunakan pakaian busana Adat Bali. Jokowi menggunakan baju lengan panjang berwarna putih, kamen (sarung) warna hijau serta udeng (ikat kepala) berwarna hijau dengan hiasan bunga warna emas. Sementara Iriana menggunakan pakaian adat Bali dengan warna hijau seluruhnya.

Jokowi membuka PKB ke-40 dengan pukulan gong di atas pentas balai PKB. Jokowi tidak memberikan sambutan dan langsung mengikuti aktivitas parade PKB, yang menampilkan kesenian dan budaya dari sembilan kabupaten dan kota.

Gubernur Bali, Made Mangku Pastika dalam sambutannya menyampaikan terima kasih pada Presiden dan Ibu Negara, karena di tengah-tengah kepadatan tugas kenegaraan berkenan ke Bali untuk melepas secara resmi PKB.

” PKB jadi agenda resmi tahunan yang menjadi puncak apresiasi para seniman dan budayawan Bali yang akan menampilkan semua kesenian yang berada di Bali. Dengan kehadiran Bapak Presiden dan ibu negara memberikan dorongam moril pada semua masyarakat Bali, dan tentunya para seniman dan budayawan untuk terus berkarya dan berkreasi dalam melestarikan dan mengembangkan kebudayaan daerah, ” ucapnya.

Selepas mengikuti pawai, Jokowi dan Iriana bersama Made Mangku Pastika serta istrinya Ny Ayu Pastika naik kendaraan hias dan mengelilingi Monumen Bajra Sandi.

Menariknya waktu dikendaran hias, sepanjang jalan Jokowi berdiri dan melemparkan cinderamata berupa kain batik yang dibungkus dalam kotak, serta buku tulis. Para ribuan warga yang memperoleh cindera mata dan buku tulis tersebut, sangat antusias dan berterik terima kasih

Kadek Duarsa Warga Kabupaten Gianyar, Bali, yang memperoleh cinderamata berupa kain, mengakui senang. Dia mengaku sudah sejak siang datang ke acara tahunan PKB.

” Saya dapat kamen (sarung) batik, iya dapat buat ke Pura. Bapak Presiden itu merakyat banget. Terima kasih Bapak Jokowi. Keinginan, saya, Bapak Jokowi dapat bikin negeri itu tambah baik sekali lagi, dan selalu memberantas korupsi, pokoknya memajukan bangsa itu, lalu untuk pendidikan supaya semakin bagus sekali lagi, ” ucapnya.

Sementara, tiga bocah bernama Ida Bagus Yuda, Ida Bagus Yudi, dan Ida Bagus Alit, dari Kabupaten Buleleng, Bali, yang ikuti parade PKB itu memperoleh buku tulis.

” Saya senang sekali, ingin ketemu sekali lagi dengan Bapak Jokowi, terima kasih Ayah Jokowi, ” ucap Ida Bagus Yudi.