by

Pulang Dari Turki, Ashanty dan 6 Keluarganya Positif Covid 19

Pasca pulang Liburan di Turki, istri Anang Hermansyah, Ashanty mengkonfirmasi dirinya positif Covid-19.

Berdasarkan unggahan Ashanty di Instagram pribadinya, Ashanty mengaku positif Covid-19 setelah tiba di Indonesia.

Kabar tersebut pun menjadi viral, lantaran Ashanty diketahui sudah melakukan vaksinasi Covid-19 sebelum pergi ke Turki.

Lantas bagaimana kronologi Ashanty terinfeksi virus Covid-19 untuk yang kedua kalinya?.

Dikutip dari akun Instagram Ashanty_ash, ibu sambung Aurel Hermansyah itu mengaku baru mengetahui dirinya positif Covid-19 setelah melakukan tes PCR di bandara Soekarno Hatta.

“Akhirnya sampai di hotel karantina (di Indonesia), saya menunggu hasil PCR dari bandara, dan ternyata positif,” ucap Ashanty.

Hal itu pun membuat Ashanty sedikit bingung, pasalnya sebelum terbang ke Indonesia, Ashanty mengaku hasil tes PCRnya negatif.

“Saya 2 kali PCR di Istanbul ketika mau pulang, di hotel maupun di bandara (hasilnya) negatif,” ujar Ashanty.

Meski kaget hasil tes PCRnya positif, Ashanty memilih untuk langsung dirujuk ke rumah sakit, karena Ashanty sendiri memiliki penyakit bawaan.

“Dikarenakan saya punya penyakit autoimun dan demi keselamatan bersama, saya isolasi di RS. Langsung saya ke RS. Untuk karantina di RS yang sudah disetujui oleh tim satgas Covid,” kata Ashanty lagi.

Selain karena punya penyakit bawaan, Ashanty memilih karantina di hotel karena tak mau menularkan virus.

“Dan agar tidak menyebarkan pada orang lain, sehingga saya tidak karantika mandiri ataupun dj hotel karantina,” ucap Ashanty.

Untungnya, sejauh ini Ashanty belum merasakan gejala-gejala virus Covid-19.

“Alhamdulillah belum merasakan gejala berat, namun saya tetap menjalankan prosedur sesuai kesehatan saya yang punya penyakit bawaan,” ujar Ashanty.

Kemenkes Ungkap 6 Orang Terpapar COVID-19 dari Rombongan Ashanty

Kementerian Kesehatan dan Satgas COVID-19 mengkonfirmasi Ashanty positif COVID-19 lewat tes PCR S gene target failure (SGTF). Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) dr Siti Nadia Tarmizi, dari rombongan keluarga Ashanty yang pergi ke Turki, ada 6 di antaranya positif COVID-19.
“Dari 13 rombongan, ada enam yang positif COVID-19,” ungkap dr Nadia, Jumat (7/1/2022).

Menurut dr Nadia, keenam orang tersebut positif COVID-19 tanpa gejala dan bergejala ringan. Namun, belum bisa dipastikan lebih lanjut apakah mereka terpapar varian Omicron.

“1 sampai 2 orang bergejala batuk dan pilek, gejala ringan. Sementara yang lain tidak bergejala,” sambung dr Nadia.

Seperti diketahui, Ashanty berlibur bersama keluarga besar Atta Halilintar. Mereka sampai di Indonesia per Kamis (6/1/2022), dan hasil tes COVID-19 PCR SGTF baru keluar per hari ini Jumat (7/1/2022).

Belum ada keterangan lebih lanjut apakah enam kasus COVID-19 di rombongan Ashanty termasuk Aurel, Anang, atau Atta Halilintar. Dalam Instagram Story terakhir mereka, Atta dan Aurel tampak menjalani karantina bersama di sebuah hotel Jakarta Pusat.