by

Puluhan Warga Yogyakarta Alami Keracunan Setelah Pulang Dari Kondangan

Puluhan Warga Yogyakarta Alami Keracunan Setelah Pulang Dari Kondangan

Bulatin.com – Beberapa puluh warga Dukuh Kalinongko Desa Kedungsari Kecamatan Pengasih Kulonprogo, Yogyakarta, diduga alami keracunan selesai makan dalam satu hajatan pernikahan di daerah itu.

Paling tidak ada 40 warga yang alami keracunan serta dilarikan ke RSUD Wates. Sesudah melakukan perawatan, beberapa juga diperbolehkan pulang walau ada pula yang perlu dirawat.

” Barusan rasa-rasanya mual, perut seperti diputar, ” tutur Tutik salah seseorang korban yang alami keracunan, Selasa 10 April 2018.

Terlebih dulu warga menghadiri hajatan pernikahan dirumah Kemiran, warga Kalinongko yang menikahkan putrinya. Disangka dari hidangan makanan yang disantap waktu hajatan berikut warga alami keracunan. Mereka alami mual, muntah serta pusing.

” Siang barusan saya makan dagingnya saja. Selang lima jam baru mual, ” papar wanita sebagai juru rias dalam pernikahan ini.

Warga yang beda Maryatin mengakui tidak menghadiri resepsi itu. Kebetulan dia telah datang dalam hajatan satu hari terlebih dulu. Tetapi kakaknya turut jadi korban keracunan.

Sekitaran Magrib kakaknya mengeluhkan pusing perut mual serta muntah. Bahkan juga, pernah terjatuh serta dibawa ke rumah sakit.

” Barusan lemah pernah jatuh serta saya gendong, ” terangnya.

Beberapa korban keracunan ini segera dirawat di Instalasi Gawat Darurat RSUD Wates. Tim dokter segera bergerak cepat membantu beberapa pasien. Terdaftar ada 13 yang melakukan perawatan mulai sejak hingga malam. Waktu masuk yang dirasakannya sama mual pusing serta sakit perut.

” Ada dua yang perlu opname. Yang lain cukup rawat jalan, ” terang dokter Stovia Elen dokter umum di IGD Wates.

Lihat tanda serta yang dirasakan yang sama, begitu mungkin saja keracunan dari makanan yang disantap dalam hajatan. Sebab, beberapa besar menghadiri hajatan serta ada di satu diantara desa itu.

Dokter juga telah memberi cairan untuk ganti dehidrasi serta obat-obatan untuk menyingkirkan rasa mual.