by

Putra Pertama Pakualaman X Menikah

Putra Pertama Pakualaman X Menikah

Bulatin.com – Putra pertama Pakualaman X, BPH Kusumo Bimo Bimantoro lakukan prosesi akad nikah dengan dr Maya Lakshita Noorya di Masjid Besar Pakualaman. Prosesi akad nikah ini dikerjakan pada pukul 07.30 WIB.

Dalam prosesi akad nikah, BPH Kusumo Bimo Bimantoro yang mengenakan Surjan Ageng berwarna putih dengan corak bunga dan daun berjalan kaki ke arah Masjid Besar Pakualaman. Ia berjalan kaki dari Puro Pakualaman yang berjarang kira-kira 200 mtr. dari Masjid Besar Pakualaman.

Bertindak selaku wali dalam akad nikah adalah bapak dr Maya Lakshita Noorya, Mandiyo Priyo. Sedangkan untuk saksi pernikahan dari pihak mempelai putra adalah Kanjeng Pangeran Haryo Noto Atmojo. Sedangkan saksi untuk mempelai putri adalah Ir. Haji Aryono.

Akad nikah pada ke-2 mempelai dikerjakan menggunakan bahasa Jawa. Bahasa Jawa ini disampaikan oleh KPH Kusumo Bimo Bimantoro dengan bapak mempelai putri, Mandiyo Priyo.
“Maniro nikahake kaliyan purbo maniro pawestri inkang sesilih Maya Lakshita Noorya dhumateng Panjengenan Dalam, Bendoro Pangeran Haryo Kusumo Bimantoro bin Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam Ingkang Jumeneng Kaping Sedoso kanthi mas kawin seperangkat pirantos sholat lan Al Quran ingkang kabayar kenceng,” kata Mandiyo Priyo pada BPH Kusumo Bimo Bimantoro.

“Maniro tampi nikahe Maya Lakhsita Noorya binti Madiyo Priyo dhumateng maniro inggih Bendoro Pangeran Haryo Kusumo Bimantoro bin Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam Ingkang Jumeneng Kaping Sedoso kanthi mas kawin kasebat kabayar kenceng,” tutur BPH Kusumo Bimo Bimantoro menjawab Mandiyo Priyo.
Menjadi mahar pernikahan, BPH Kusumo Bimo Bimantoro memberi seperangkat alat salat dan kitab suci Alquran pada mempelai putri.

Selesai prosesi akad nikah, prosesi Dhaup Ageng diteruskan dengan prosesi Panggih, di mana mempelai pria yang akan disandingkan dengan sang mempelai wanita. Sedangkan resepsi pernikahan dilangsungkan di Bangsal Sewotomo, Kagungan Dalam Pura Pakualaman pada pukul 11.00 WIB.