by

Reynhard Sinaga, Pria Indonesia yang Dijatuhi 88 Hukuman Penjara Seumur Hidup

London – Laporan The Guardian secara rinci menyebut Reynhard divonis 88 hukuman penjara seumur hidup untuk sidang pertama dan kedua bagi 25 korban yang digelar antara tahun 2018 hingga tahun lalu. Untuk sidang ketiga dan keempat bagi 23 korban lainnya, Reynhard baru dijatuhi vonis penjara seumur hidup pada Senin (6/1) waktu setempat.

Dalam kasus ini, Reynhard didakwa memperkosa para korban dengan sebelumnya membius mereka dengan GHB (gamma-hydroxybutyric acid) yang bisa membuat seseorang tak sadarkan diri untuk waktu cukup lama. Saat korbannya tak sadarkan diri, Reynhard melakukan tindak kekerasan seksual sembari merekamnya dengan dua telepon genggam miliknya.

Reynhard ditahan sejak tahun 2017, setelah salah satu korbannya tiba-tiba sadarkan diri saat tindak pemerkosaan masih berlangsung. Korban ini melawan dan terjadilah perkelahian hingga Reynhard mengalami luka-luka dan harus dirawat di rumah sakit.

Siapa Reynhard Sinaga, Berikut ini profil Reynhard Sinaga yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Asal Jambi

Reynhard Sinaga lahir di Jambi, 19 Februari 1983. Ia merupakan anak sulung dari tiga bersaudara.

2. Keluarga

Keluarga Reynhard Sinaga disebut bertempat tinggal di Depok, Jawa Barat. Sang ayah dikabarkan adalah seorang bankir yang membantu biaya hidup sang anak di Inggris.

3. Alumni UI

Anak pertama dari tiga bersaudara ini merupakan lulusan Universitas Indonesia (UI). Reynhard Sinaga menyelesaikan gelar S1 arsitekturnya sebelum berangkat ke Inggris.

Kepala Humas dan KIP Universitas Indonesia Rifelly Dewi Astuti meminta agar perbuatan Reynhard tidak dikaitkan dengan status alumni UI.

“Bahwa meski yang bersangkutan alumni Universitas Indonesia, perbuatannya sama sekali tidak terkait dengan statusnya sebagai alumni Universitas Indonesia,” kata Rifelly Dewi Astuti dalam keterangan kepada detikcom, Selasa (7/1/2020).

4. Kuliah S3 di Inggris

Reynhard Sinaga kemudian menempuh pendidikan S2 jurusan Sosiologi di Manchester University. Pada 2012, ia melanjutkan kuliah S3 untuk gelar PhD jurusan studi Human Geography di Universitas Leeds.

5. Perkosa 190 Orang

Reynhard Sinaga didakwa memperkosa 48 orang di apartemennya di Inggris. Namun, berdasarkan barang bukti berupa video, ada 190 orang yang diduga dia perkosa.

Apa itu Obat GHB?

GHB merupakan singkatan dari Gamma-hydroxybutyrate (GHB). Dikutip dari buku ‘Drug use and abuse: a comprehensive introduction’ karya Howard Abadinsky, obat ini merupakan obat depresan untuk sistem saraf. Ciri-cirinya, obat ini tidak berbau tapi memiliki rasa asin.

Obat ini biasanya dicampurkan pada minuman dan rasanya tidak bisa dideteksi saat diminum. Obat ini biasanya digunakan sebagai fungsi rekreasi dan untuk meningkatkan libido.