by

Sandiaga Uno Mengkritik 4 Tahun Pemerintahaan Jokowi

Sandiaga Uno Mengkritik 4 Tahun Pemerintahaan Jokowi

Bulatin.com Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno mengkritik beberapa segi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla sesudah empat tahun pemerintahan berjalan.

Faktor pertama serta penting, kata Sandiaga, adalah permasalahan ekonomi. Menurut dia, saat dia berkampanye di sejumlah lokasi Indonesia, keresahan penduduk ialah tersangkut ekonomi.

“… harga-harga bahan inti ini begitu memberatkan ekonomi rumah tangga (atau) penduduk; bagaimana ikut lapangan kerja dapat lebih dibuat,” kata Sandiaga pada wartawan di Jakarta pada Minggu, 21 Oktober 2018.

Sandiaga sudah sempat mengapresiasi pembangunan di masa pemerintahan Jokowi. Akan tetapi ia ikut menanyakan model pembangunan serta efeknya buat penduduk.

Perihal yang menjadi sorotan penduduk, tuturnya, ialah masih tetap minimnya pembangunan yang buka lapangan pekerjaan serta malah berkesan memberi peluang kerja pada tenaga kerja asing.

Sandiaga ikut mengkritik permasalahan penegakan hukum yang dia nilai masih tetap butuh banyak perbaikan. Penegakan hukum, tuturnya, masih tetap semakin banyak menghukum rakyat kecil di banding elite atau kelompok atas.

“Sebab masih tetap dirasa oleh seluruh penduduk kepastian hukum itu tetap harus selalu diperbaiki; bagaimana hukum itu tidak tajam ke bawah tetapi tumpul ke atas, seperti pisau; bagaimana hukum itu tidak tebang pilih,” katanya.

Penegakan hukum dipandang terpenting sebab kriminalitas bertambah. Begitupun peredaran narkoba yang semakin menjalar.

Ia memperingatkan supaya penduduk maupun beberapa calon dalam pemilu tidak sama-sama menjatuhkan hingga mengganggu kestabilan nasional. Presiden Joko Widodo serta Wakil Presiden Jusuf Kalla masih tetap mempunyai waktu setahun untuk kerja sampai pemilu pada April 2019.