by

Scrubbing Untuk Jaga Kesehatan Kulit Juga Ada Waktu Idealnya

Scrubbing Untuk Jaga Kesehatan Kulit Juga Ada Waktu Idealnya

Bulatin.com – Memiliki kulit yang sehat merupakan impian semua orang. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, banyak orang melakukan serangkaian perawatan. Yang paling umum adalah mencuci muka dan menggunakan krim khusus perawatan kulit. Tapi sebagian ada juga yang melakukan scrubbing. Tapi seberapa penting, sih, melakukan scrubbing itu?

Menurut dr. R. Roger Aruan Sp.KK, scrubbing berfungsi untuk eksfoliasi atau pengelupasan kulit yang fungsinya membantu mengangkat sel kulit mati, serta mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori.

“Scrub itu artinya menipiskan atau melepaskan. Pada prinsipnya kulit bisa melepaskan sendiri sel kulit mati yang bentuknya daki yang menempel,” kata dr. Roger.

Pelepasan sel kulit mati di wajah itu berlangsung setiap 28 hari sekali. Maka itu, Anda tidak perlu melakukan scrubbing. Hal ini lantaran jika Anda terlalu sering scrubbing, justru membuat kulit wajah menjadi kering, karena butir-butir scrub mengikis minyak alami yang terdapat pada permukaan kulit.

“Jadi tidak perlu juga scrubbing. Sebaiknya ikuti saja siklus normal. Kalau berlebihan, tidak baik sebab tidak sesuai fisiologis,” kata dia.

“Tapi kalau memang mau scrubbing cukup lakukan satu kali sebulan. Yang terpenting adalah dibersihkan menggunakan sabun khusus wajah.”