by

Sebelum Lebaran Perbaikan jalur Puncak Pass Musti Beres

Sebelum Lebaran Perbaikan jalur Puncak Pass Musti Beres

Bulatin.com – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto meyakinkan perbaikan jalan Puncak Pass-Cianjur, Jawa Barat, selesai mendekati Hari Raya Idul Fitri 2018. Bahkan juga sekarang ini telah bisa dilalui dengan bergantian.
” Kami akan coba hari ini, agar bisa dilewati kendaraan dengan system satu arah bertukaran. Berdasarkan kajian bersama Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat perbaikan akan usai sebelum hari raya beberapa bulan ke depan, ” tuturnya waktu meninjau tempat, Jumat (30/3).
Seperti ditulis dari Pada, dia menerangkan, kendaraan yang bisa melintas di jalur itu masih terbatas jenis roda dua serta roda empat berpenumpang. Sedang kendaraan berat seperti truk serta bus belum juga bisa melintas hingga perbaikan jalan selesai.
Sistem perbaikan tebing yang kembali longsor akan tetap dikerjakan, walau kendaraan tetap melintas. Gagasannya untuk menguatkan landasan jalan pihak PU akan memapras lereng dibagian kiri supaya landasan jalan lebih kuat.
Dengan hal tersebut beban di bahu jalan samping kanan bisa menyusut dengan pemaprasan tebing di samping kiri jalan yang akan dilewati kendaraan. ” Tebing yang hampir buat jalan ambrol bisa diperbaiki tanpa ada beban di atasnya, ” kata Agung.
Dia memberikan, mulai hari ini jalur Puncak akan di buka kembali dengan system buka tutup satu arah di tempat bencana alam hingga jalur itu tetap bisa dilewati kendaraan dari ke dua arah dengan bertukaran.
” Hari ini akan kami kordinasikan supaya secepatnya di buka kembali jalur itu karena sampai kini Jalur Puncak-Cianjur adalah jalur favorite wisatawan untuk menggunakan libur panjang, ” tuturnya.
Sementara pihak BBPJN VI Jakarta, Suyono menyebutkan berdasarkan hasil kajian serta input, Menteri PUPR merekomendasikan untuk memakai beton enteng pada perbaikan jalan yang sisi tebingnya kembali longsor di Puncak Pass.
” Supaya alam tidak terbebani akan dikerjakan pengecoran dengan beton enteng dan dikerjakan pemaprasan tebing samping kiri jalan yang longsor untuk dibuat landasan jalan baru hingga tebing yang sedang diperbaiki tidak kembali longsor, ” tuturnya.