by

Segini Harga Motor yang Digunakan Saat Pembukaan Asian Games 2018

Segini Harga Motor yang Digunakan Saat Pembukaan Asian Games 2018

Bulatin.com – Presiden Joko Widodo beberapa saat paling akhir, ramai diperbincangkan khalayak sekitar laganya di pembukaan Asian Games 2018. Meskipun terakhir di ketahui, tindakan itu dikerjakan seseorang stuntrider, alias stuntman.

Bukan hanya tindakan Jokowi saja yang diperbincangkan, semua masalah termasuk juga motor yang digunakannya juga menarik perhatian penduduk.

Seperti di ketahui, motor yang dipakai Presiden Jokowi dalam video pembuka Asian Games 2018, ialah Fazer. Motor itu adalah buatan Yamaha serta mempunyai harga Rp136 juta-an untuk pasar global.

Sekilas, FZ1 Fazer memang serupa dengan moge FZ8. Akan tetapi, di bagian design kepala tampak berlainan.

Dikutip Topspeed, Minggu 18 Agustus 2018, FZ1 diberi mesin empat-tak memiliki 998cc DOHC Fuel Injection. Motor ini mempunyai tenaga buas sebesar 150 daya kuda (dk) serta torsi 106 Newton Mtr.. Mesin lalu dikawinkan dengan sistem transmisi manual enam-percepatan.

Jenis ini masih tetap memakai rantai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang, dengan catatan mengkonsumsi bahan bakar 6,72 liter per 100 kilometer .

Keseharian, FZ1 dikendarai Paspampres untuk mengawal Presiden. Umumnya motor ini tetap ditunggangi dua orang. Seseorang bekerja membawa sepeda motor, sedangkan seseorang lain nya duduk tegap dengan senapan serbu di tangannya.

Selain bekerja lakukan pengawalan, kadang mereka juga menolong ‘memecah’ kepadatan jalan raya. Yang tentu, pasukan bermotor ini ikut pastikan sang kepala negara memperoleh jalan tanpa kendala.

Perawatan ekstra

Waktu lalu, kami sudah sempat berbincang-bincang dengan pejabat Yamaha Indonesia masalah motor pengawal Jokowi itu. Menurut Yamaha, motor yang dipakai oleh pengawal Presiden adalah motor khusus yang dibeli dengan memakai surat negara terlebih dulu.

Perawatannya juga tidak sembarang. Karena, ada team Yamaha yang khusus mengatur motor Yamaha CBU (Completely Built-Up). Mereka, umumnya akan tiba untuk melakukan perbaikan, atau motor terlebih dulu dijemput untuk setelah itu dibawa ke bengkel yang sudah ditunjuk.

“Pihak pemerintah yang mohon ke pihak Yamaha. Kami tidak tawarkan. Untuk suku cadang, itu umumnya jika motor negara, import komponennya memakai jalan khusus . Menjadi, kita kasih tahu suku cadangnya, umumnya oleh pemerintah dipermudah bea masuknya. Kita cuma kasih tahu harga dari sana berapakah, biaya disini terserah dari mereka,” kata salah seseorang pejabat Yamaha Indonesia.