by

Sejak Diasuh Arteta 3 Pemain Arsenal Diklaim Berkembang

Mikel Arteta belum menunjukkan dampak yang signifikan semenjak diangkat sebagai pelatih kepala Arsenal. Namun legenda klub, Ian Wright, sudah melihat perubahan pada beberapa pemain the Gunners saat ini.

Sejauh ini, Arsenal masih bertengger di peringkat 10 Premier League dengan raihan 31 poin. Mereka belum juga menuai hasil positif semenjak kedatangan Arteta pada bulan Desember 2018 yang lalu.

Sebagai informasi, Pierre-Emerick Aubameyang hanya meraih satu kemenangan dari tujuh pertandingan terakhirnya di ajang Premier League. Empat pertandingan terakhir bahkan berakhir dengan kedudukan imbang.

Jelas, hasil seperti ini tidak ada di dalam benak penggemar Arsenal. Namun setidaknya Arteta memberikan perubahan yang cukup segar dari era kepemipinan Unai Emery beberapa waktu lalu.

Ian Wright berkata bahwa dirinya melihat adanya perubahan yang terjadi kepada tiga pemain Arsenal. Dua dari tiga sosok tersebut cukup akrab dengan kritikan di setengah musim pertama 2019/20.

Mereka adalah Granit Xhaka dan juga Shkodran Mustafi. Selain mereka, Ian Wright juga melihat perbedaan dalam diri pemain lainnya, yakni Lucas Torreira.

“Ada perubahan dalam organisasi, dalam menekan pemain lawan, intensitas dengan mereka,” ujar Wright kepada BBC Radio 5 Live.

“Orang-orang seperti Torreira, Xhaka, dia mengubah Xhaka, dia mengeluarkan sesuatu dari diri Mustafi, Mustafi bermain apik saat melawan Burnley beberapa hari lalu. Ada banyak hal yang terjadi tapi masih membutuhkan waktu,” lanjutnya.

Selama beberapa tahun terakhir, bahkan di era kepelatihan Arsene Wenger, Arsenal kerap dikritik perihal pertahanannya yang buruk. Banyak yang melihat bobroknya lini belakang menjadi penyebab Arsenal tak bisa finis di empat besar.

Dan di era Arteta, seperti yang dilihat oleh Wright, pertahanan sudah mulai menunjukkan perubahan yang positif. Beberapa kali juga Arsenal berhasil mengakhiri pertandingan dengan catatan clean sheet di tangannya.

“Pertahanan menjadi sedikit lebih solid, beberapa clean sheet bisa kami dapatkan, sekarang kami hanya perlu mengkonversi peluang,” pungkasnya.