by

Sejumlah Catatan Yang Dihasilkan Jokowi Selama 4 Tahun

Sejumlah Catatan Yang Dihasilkan Jokowi Selama 4 Tahun

Bulatin.com Sejumlah catatan, baik capaian serta tunggakan kerja yang tersisa jadi perhatian publik di waktu kepemimpinan Presiden Joko Widodo- Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Jokowi dipandang sudah lakukan beberapa perolehan seperti pembangunan infrastruktur yang begitu masif, turunkan angka kemiskinan, serta penambahan service publik, dengan meluncurkan Kartu Indonesia Sehat serta Kartu Indonesia Sehat, dan BPJS Kesehatan. Akan tetapi, ada beberapa catatan ekonomi yang perlu dilihat pemerintah Jokowi serta pemerintahan terpilih, mendatang.

Hal tersebut terangkum dalam diskusi ‘Empat Tahun Jokowi, Catatan Sukses serta Pekerjaan’ di lokasi Cikini, Jakarta Pusat, Kamis 18 Oktober 2018.

Politisi PDI Perjuangan, Eva Kusuma Sundari, mengutarakan perolehan yang sudah dikerjakan oleh Jokowi. Dia menyebutkan Presiden Jokowi sudah banyak menyelesaikan program keberpihakan pada penduduk luas, terutamanya di bagian infrastruktur.

“Jokowi sudah lakukan janji-janji kampanyenya, sesuai dengan yang tertuang di Nawa Cita. Keinginan saya kita mulai masuk ke waktu industrialisasi, sebab prasyarat jadi negara industri itu infrastruktur serta energi,” kata Eva.

Eva ikut menyentuh program jaminan sosial yang begitu menyentuh tataran akar rumput. Salah satunya Kartu Indonesia Pandai, Kartu Indonesia Sehat serta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.

Akan tetapi dia mengaku, capaian sangat tampak serta berefek oleh publik adalah masifnya pembangunan infrastruktur.

“Saya memandangnya infrastruktur menghadirkan kenikmatan tertinggi di rakyat. Serta sangat senang dengan infrastruktur itu sebab pembangunan berjalan,” kata Anggota Komisi Keuangan DPR itu.

Di peluang yang sama, bekas Komisioner Komnas HAM, M. Ridha Saleh, malah lihat masukan atau animo pada pimpinan Jokowi cuma tampak pada level makro.

Dia menyindir, elite politik, baik dari oposisi ataupun petahana yang sering melupakan pembangunan infrastruktur desa.