by

Seperti Ini Seharusnya Berikan Pertolongan Pertama Pada Campak Anak

Seperti Ini Seharusnya Berikan Pertolongan Pertama Pada Campak Anak

Bulatin.com – Kejadian Luar Biasa (KLB) campak serta gizi jelek di Asmat, Papua, sudah memperoleh perhatian spesial dari beragam pihak. Satu diantaranya, tim penambahan yang beranggotakan beberapa dokter spesialis untuk menolong pengendalian masalah itu.

Dalam tim penambahan yang di kirim oleh Kementerian Kesehatan RI, ada dokter spesialis anak, Dimas Dwi Saputro yang segera ambil langkah kiat penyembuhan campak serta gizi jelek dengan mendiagnosis pas mulai sejak awal. Hal tersebut perlu dikerjakan supaya penyembuhan bisa selekasnya dikerjakan.

“Pasien dengan demam serta ruam yang bermula dari kepala lantas menyebar ke semua badan, dibarengi tanda ISPA atau diare, serta belekan, butuh dicurigai jadi campak, ” kata Dimas di Agats, Papua, Kamis 18 Januari 2018, diambil dari launching yang di terima.

Menurut dia, KLB campak dikarenakan imunisasi yg tidak lengkap yang dibarengi keadaan geografis. Ketidaktahuan orangtua juga akan jadwal imunisasi serta susah lakukan edukasi pada orangtua, buat makin rendah cakupan imunisasinya.

Jika terdiagnosis campak, pasien lansung dikerjakan infeksinya dengan antibiotik, lantas diberi konsumsi nutrisi maksimal, serta diberi vitamin A. Therapy komplikasi campak seperti diare, pneumonia, dehidrasi karna konsumsi kurang, penurunan kesadaran, juga diberi bila beberapa hal itu diketemukan.

Dimas memberikan diagnosis gizi jelek segera digolongkan pada anak dengan klinis begitu kurus, terlihat tulang iga pada tubuhnya, terlihat gelambir kulit pada bokongnya (seperti baggy pants), serta muka keriput seperti orangtua.

“Selanjutnya kita tetapkan klasifikasinya apa gizi jelek saja atau campak saja, atau campak dibarengi gizi jelek, ” ucap Dimas.

Diluar itu diberi juga antibiotik pada pasien gizi jelek dengan infeksi, serta vitamin A, asam folat. Pemantauan kenaikan berat tubuh juga dikerjakan tiap-tiap pagi.

“Untuk gizi jelek, kami beri nutrisi susu dengan formulasi spesial yang kami bikin sendiri, yakni susu formula ditambah gula, ditambah minyak serta mineral mix. Sayangnya minyak serta mineral mix tidak ada disini hingga cuma susu serta gula saja. Maksudnya memberi kalori dengan formula F75 serta F100 (susu dgn kalori yang padat untuk kejar tumbuh), ” terang Dimas.