by

Serang Petugas 26 Narapidana Di Lapas Wamena Kabur

Serang Petugas 26 Narapidana Di Lapas Wamena Kabur

Bulatin.com – Sekitar 26 narapidana kabur sesudah membobol pagar Instansi Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Wamena, Selasa (22/1) sekitar pukul 16.21 WIT.

Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda Swadaya di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, mengatakan jika mereka sudah sempat mengeroyok seorang petugas sampai terluka. Sesudah peristiwa, korban langsung dibawa ke RSUD Wamena.

Tonny mengatakan jika pihaknya tangkap lima orang dari 26 narapidana yang melarikan diri. Lima orang ini telah jauh dari lapas, atau sekitar 1 km..

“Tiga diantara lima orang ini karena menantang sangat terpaksa saya lumpuhkan, saya tembak,” tuturnya seperti diambil Pada.

Kapolres mengatakan jika pihaknya sudah turunkan personil untuk lakukan pengejaran saat malam hari ini (22/1). Ia menyarankan 21 narapidana selekasnya menyerahkan diri dibanding pihak ke polisian lakukan tindakan tegas dengan tembak dalam tempat.

Narapidana yang lari, tuturnya kembali, merupakan tahanan yang ikut serta masalah penjualan amunisi, pencurian kendaraan bermotor, dan masalah lainnya.

Tonny mengatakan jika pihaknya belumlah tahu dari tempat mana narapidana dapat memperoleh linggis dan balok untuk membobol pagar lapas.

Sebab sipir lapas begitu kurang dibanding jumlahnya tahanan, katanya, akan dikerjakan kerja sama untuk peletakan personil polisi di Lapas Wamena.

“Ke depan saya akan bekerja bersama, kirim anggota untuk membantu di lapas,” tuturnya.