by

Siapa Sangka Ternyata Sandwich Tak Berdampak Baik Terhadap Lingkungan

Siapa Sangka Ternyata Sandwich Tak Berdampak Baik Terhadap Lingkungan

Bulatin.com – Bicara masalah hidangan cepat saji, popularitas sandwich mungkin saja tidak kalah dengan hamburger. Bahkan juga beberapa orang sering lebih pilih sarapan sandwich, karna dipandang lebih sehat.

Tetapi, nyatanya konsumsi sandwich dapat juga jadi penyumbang untuk rusaknya lingkungan. Kenapa?

Riset baru oleh ilmuwan Inggris tunjukkan hasil yang mengagetkan dibalik mengkonsumsi sandwich. Periset di University of Manchester, dalam studi pertamanya lihat jejak karbon dari sandwich yang di buat dari tempat tinggal serta dikemas terlebih dulu.

Hal itu datang dari type serta jumlah daging yang di buat jadi satu diantara isian sandwich. Studi itu temukan kalau sandwich diisi daging babi (baik itu bacon, ham serta sosis), keju serta udang memiliki kandungan jejak kaki karbon teratas

Yang paling jelek, sandwich ” all-day breakfast ” yang memiliki kandungan telur, bacon serta sosis, membuat emisi karbon dioksida yang sama juga dengan mengemudikan mobil sejauh 12 mil. Sekian seperti dalam studi yang dipublikasikan di Journal of Sustainable Production serta Mengkonsumsi.

Studi ini memperhitungkan efek lingkungan dari beragam bahan sandwich, dari mulai membuatnya, mengangkutnya, mengemasnya serta mendinginkannya sebelumnya dibeli serta dikonsumsi.

Kesimpulannya, beberapa periset merekomendasikan untuk kurangi jumlah keju serta daging dalam sandwich, serta buat sandwich dirumah bila sangat mungkin. Dan, perpanjang tanggal penjualan serta masa kedaluwarsa.