by

Sirtfood Diet, Rahasia Buat Berat Badan Adele Turun 22 Kg

Terlepas dari pro-kontra yang ada dari fenomena ini, Adele adalah penyanyi yang cantik dan berhak menjalani gaya hidup apapun selama sehat. Diet, pada dasarnya, adalah sebuah gaya hidup untuk lebih sehat dan bugar terlepas dari bentuk tubuh kita. Terdapat begitu banyak tipe diet di luar sana yang dapat kita jalani demi alasan kesehatan ini.

Belakangan ini, nama sirtfood diet beken dikabarkan sebagai rahasia diet Adele. Penyanyi ini sendiri dikabarkan kehilangan 40-50kg berkat diet ini. Lalu, apa itu sirtfood diet?

Secara umum, sirtfood diet berporos pada pilihan makanan rendah kalori dengan total asupan kalori sebanyak 1.000kkal per hari. Mengacu kepada asupan kalori yang rendah ini (rata-rata asupan dewasa yang dianjurkan adalah 2.000-2.200kkal), Anda perlu berkonsultasi dengan ahli nutrisi apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau memiliki indeks massa tubuh normal hingga rendah.

Adalah Aidan Goggins dan Glen Matten yang menciptakan diet ini berdasarkan cara kerja polifenol. Antioksidan yang umum ditemukan dalam teh hijau ini mampu “meniru” efek puasa dan berolahraga pada tubuh konsumennya. Fakta menarik: diet serupa sempat dijalani oleh aktor Christian Bale demi peran sensasionalnya di film The Machinist (2004), di mana ia tampil amat kurus. Disebutkan bahwa sehari-hari ia hanya mengonsumsi apel, wine, kopi, dan sedikit protein.

Pilihan makanan yang umum ditemukan dalam sirtfood diet di antaranya adalah jus hijau, buah-buahan, dark chocolate, wine merah, dan makanan-makanan lain yang mengadung komponen anti-pembengkakan. Komponen utama dari diet ini adalah jus hijau; orang yang menjalani diet ini mesti mengonsumsinya 3 kali sehari terutama di fase awal diet untuk menstimulasi penurunan berat badan.

Secara bertahap, orang yang menjalani diet ini dapat meningkatkan asupan kalori hingga 1.500kkal per hari dengan menyisipkan beberapa pilihan makanan di atas di antara konsumsi jus. Perhitungan asupan kalori bukanlah yang utama pada fase kedua, dan mereka yang menjalaninya mesti berfokus pada pembiasaan tiga jenis makanan kaya sirtfood dan satu jenis jus hijau per hari. Menurut para penemunya, kesuksesan diet ini dapat dilihat pada penurunan berat badan secara konsisten sepanjang diet berlangsung.

Kedua penemu diet ini juga berbagi resep makanan dan minuman yang dapat dicoba selama menjalani diet ini pada buku “The Sirtfood Diet Recipe Book” (2016). Berikut salah satu resep jus hijau yang dapat Anda coba:

ROCKET FUEL

75g kale | 30g arugula | 5gr peterseli | 2 batang seledri | 1cm jahe | ½ buah apel hijau | ½ buah sari lemon | ½ sdm teh hijau bubuk

Cara membuat:

1. Campur seluruh bahan kecuali lemon dan teh hijau bubuk dengan menggunakan blender.
2. Tuangkan jus ke dalam gelas.
3. Peras sari buah lemon di wadah berbeda, campur dengan teh hijau bubuk.
4. Tambahkan (3) ke dalam jus.