by

SMI Telah Membiayai Infrastruktur Ratusan Triliun Selama 10 Tahun Berdiri

SMI Telah Membiayai Infrastruktur Ratusan Triliun Selama 10 Tahun Berdiri

Bulatin.com – PT Fasilitas Multi Infrastruktur sukses menuliskan pembiayaan infrastruktur sebesar Rp553 triliun dengan multiplier effect sampai 18 kali. Itu didapat semenjak dibuat 10 tahun lalu oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bermodalkan awal cuma Rp30 triliun.

Direktur Penting PT SMI, Emma Sri Hartini, menjelaskan, pembiayaan itu pula disertai dengan biaya portofolio peningkatan infrastruktur sampai sebesar Rp653 triliun, layanan advisory sebesar Rp546 triliun dan proyek Kerja Sama Pemerintah serta Tubuh Usaha yang sampai Rp51 triliun.

“Alhamdulillah semua dapat berjalan dengan baik. Semoga percepatan delivery-nya lebih baik lagi,” kata Emma di acara Dasabakti PT SMI, di Jakarta, Kamis 28 Maret 2019.

Selain itu, lanjut ia, sebaran portofolio itu tidak lagi cuma fokus di beberapa daerah yang pembangunan infrastrukturnya telah baik, seperti di kota-kota besar lokasi Jawa serta Sumatera saja, melainkan 63 prosentasenya telah menyebar di luar Jawa.

Selain itu, dari sisi bidang pembiayaannya, pula disebutkan Emma, telah makin bermacam. Walau demikian, masih tetap didominasi oleh pembiayaan di bidang infrastruktur jalan, jalan tol, ataupun ketenagalistrikan serta sektor-sektor lain yang sama.

“Ke depan kami utamakan serta berikan dukungan lebih pada sektor-sektor kesehatan serta pendidikan dengan selalu memajukan pembangunan infrastruktur basic,” papar ia.

Dengan beberapa capaian pembiayaan infrastruktur yang begitu baik serta cepat itu, Emma menyatakan tingkat efisiensi kapasitas dari PT SMI masih terbangun rendah. Itu diperlihatkan dari Biaya Efficiency Ratio atau CER yang dapat dijaga dibawah rata-rata 18 %.

“Hingga Biaya Efficiency Ratio kita rendah 18 % dibandingkan FA (Financial Advisor) yang lain rata-rata 40 %. Ini tunjukkan kami suka di-support beberapa partner strategis kami,” papar ia.