by

Sumur Bor Di Balikpapan Meledak Hanguskan 4 Rumah

Sumur Bor Di Balikpapan Meledak Hanguskan 4 Rumah

Bulatin.com – Masyarakat Jalan Manggar Sari RT 31 di kelurahan Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur, dibikin cemas. Galian sumur bor air sampai kedalaman lebih 10 mtr., keluarkan semburan air bercambur gas. Belakangan, berlangsung ledakan disertai kobaran api, yang menghanguskan 4 rumah.

Semburan pertama-tama berlangsung petang barusan. Seseorang warga ditempat, sedang menggali tanah untuk mencari sumber air bor. Belakangan, mendadak galian keluarkan semburan air bercambur aroma gas.

Aroma gas yang tercium begitu menusuk bersama dengan semburan air yang begitu kuat, membuat warga cemas, dan sempat juga mencari sumber aroma gas itu.

“Nah, habis Maghrib barusan, ada ledakan lalu keluarkan api,” kata Kepala BPBD Kota Balikpapan, Suseno, di konfirmasi merdeka.com, Senin (28/1) malam.

Suseno meneragkan, semburan api dengan nada ledakan itu, menyambar rumah sekitar yang bersisihan. “Tadi malam mulai berlangsung kebakaran. Yang terpantau, ada 4 rumah yang terbakar,” katanya.

“Tadi malam, betul-betul berhasil dipadamkan. Tetapi, untuk sumber api di lubang sumur galian, belumlah dapat dipadamkan, apinya masih menyala,” lebih Suseno.

Waktu ini, tempat sumur bor, dijaga petugas kombinasi dari beberapa lembaga berkaitan. “Kita telah pengaturan dengan Pertamina Hulu Mahakam, untuk menolong penelusuran, karena mereka kan memiliki pengalaman untuk (perlakuan semburan air disertai gas) itu ya,” jelas Suseno.

Menghadapi peristiwa tidak diharapkan, warga telah diingatkan supaya sesaat ini menjauhi sumber air keluarkan air dan gas itu. Suseno pastikan tidak ada korban luka ataupun jiwa dalam peristiwa itu.

“Dibutuhkan kehati-hatian semua pihak ya, masyarakat supaya tidak mendekat,” kata Suseno.