by

Taqoballahu Minna Waminkum, Ini Arti dan Jawaban Lengkapnya

Jakarta – Umat Islam disunnahkan untuk mengucapkan selamat Lebaran dengan kalimat Taqoballahu Minna Waminkum. Hal itu sesuai dengan riwayat dari para sahabat Nabi Muhammad SAW ketika bertemu dengan Muslim yang lain pada Hari Raya.

“Bila mereka bertemu dengan yang lain (pada saat hari raya) mereka akan mengucapkan selamat ‘Taqaballahu wa minna wa minkum’.” bunyi riwayat tersebut.

Adapun, arti kalimat ‘Taqaballahu wa minna wa minkum’ adalah semoga Allah menerima amalku dan amal kalian. Untuk menjawabnya, sampaikan kalimat serupa.

Hal itu sesuai dengan firman Allah SWT dalam Quran surat An Nisa ayat 86, yang berbunyi

Arab: وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

Latin: wa iżā ḥuyyītum bitaḥiyyatin fa ḥayyụ bi`aḥsana min-hā au ruddụhā, innallāha kāna ‘alā kulli syai`in ḥasībā

Artinya: Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu.

Sementara itu, Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah pernah ditanya mengenai hukum ucapan hari raya dan adakah ucapan tertentu yang harus disampaikan.

Beliau menjawab, “Ucapan selamat ketika Hari Raya Id dibolehkan. Tidak ada ucapan tertentu saat itu. Apa yang biasa diucapkan manusia dibolehkan selama di dalamnya tidak mengandung kesalahan (dosa).”

Selamat Hari Raya Idul Fitri!