by

Ternyata Ibu Rumah Tangga Tak Punya Banyak Waktu Untuk Anak

Ternyata Ibu Rumah Tangga Tak Punya Banyak Waktu Untuk Anak

Bulatin.com – Kesibukan para ibu sebagai wanita karier di luar rumah, berdampak pada pengasuhan anak. Psikolog Anna Surti Ariani mengatakan, ada tantangan berbeda untuk ibu yang bekerja dengan ibu rumah tangga.

“Walaupun ibu rumah tangga, bukan berarti leluasa untuk mengurus anak. Dari pengalaman klien saya, gara-gara adik atau kakak bekerja, ibunya jadi sering datang ke rumah minta tolong ini itu, akhirnya sama seperti yang bekerja kantoran, waktu urus anak tidak banyak,” ujar Anna dalam acara peluncuran kampanye #PremiumMomentsTogether di kawasan Menteng Jakarta, Kamis, 12 April 2018.

Anna mengatakan, dari sebuah jurnal yang dipublikasikan pada 2016 menunjukkan bahwa waktu yang diberikan untuk anak antara ibu bekerja dan ibu yang di rumah tidak terlalu berbeda.

Meski demikian, para ibu yang punya waktu sempit ini justru semakin terpacu untuk memberikan momen yang lebih berkualitas.

“Karena sadar mereka tidak punya segitu banyak waktu, misalnya ibu rumah tangga yang katanya bisa 24 jam nyatanya hanya punya 1-2 jam saja, maka dia mengusahakan 1-2 jam itu jadi berkualitas,” lanjut Anna.

Begitu pula dengan ibu bekerja, dia akan berusaha menciptakan waktu yang berkualitas, seperti mendongeng dan mengobrol.