by

Ternyata Usus Kita Tetap Bisa Mencerna Permen Karet

Ternyata Usus Kita Tetap Bisa Mencerna Permen Karet

Bulatin.com – Sampai kini, banyak yang mengatakan kalau menelan permen karet begitu beresiko. Bahkan juga ada satu mitos yang mengatakan kalau permen karet yang tertelan juga akan tinggal didalam badan sepanjang tujuh th..

Tapi sesungguhnya, bahayakan saat kita tidak berniat menelan permen karet?

Pakar gastroenterologi Dr Lisa Ganjhu, dari NYU Langone Medical Center di New York, menerangkan, apa yang berlangsung di system pencernaan saat menelan permen karet. Nyatanya, permen karet melalui badan sama dengan type makanan yang lain, tapi lebih susah diolah.

” Saluran pencernaan Anda begitu kuat, bila dapat mengolah steak yang keras jadi dapat pula mengolah permen karet, ” kata Dr Ganjhu ditulis situs The Sun.

Lalu, apakah permen karet melekat pada dinding usus atau lambung? Dia menerangkan, kalau manusia mempunyai pergerakan lambung, asam serta enzim yang ada untuk menghancurkan getah – tapi basa tidak larut sekalipun, karna sifat kimianya. Ini tidak larut dalam usus kecil, tidak seperti makanan yang lain. Tetapi, berita baiknya yaitu Anda tetaplah dapat mengolah permen karet selanjutnya.

” Demikian masuk, itu juga akan keluar seperti hal yang lain. Tak ada kerangka saat yang khusus karna motilitas system pencernaan tiap-tiap orang berlainan, ” kata dia.

Disamping itu, David Milov dari Klinik Anak Nemours di Orlando, Florida, terlebih dulu menyebutkan pada Scientific American kalau colonoscopies (prosedur yang sangat mungkin pemeriksa untuk mengevaluasi sisi dalam kolon) umumnya tidak temukan permen karet yang berusia lebih dari 1 minggu.

Jadi, permen karet itu serupa dengan zat susah untuk diolah, serta pada akhirnya mesti melalui badan Anda dengan utuh.

Tetapi Dr Ganjhu memberikan, ” Permen karet sekalipun tidak mempunyai nilai gizi, hingga umumnya profesional kesehatan merekomendasikan supaya tidak menelannya. “